Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

6 Hari Hilang Kontak, KM Sumber Cahaya Akhirnya Ditemukan dalam Kondisi Selamat
Oleh : Kalit
Rabu | 15-07-2020 | 19:11 WIB
evakuasi-sumber-cahaya.jpg Honda-Batam
KM Sumber Cahaya saat dievakuasi menuju Dermaga Midai, Natuna. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Kapal kayu KM Sumber Cahaya, 6 GT yang membawa 10 ekor sapi dan 5 POB (Passenger on Board) yang sempat hilang kontak sejak 9 Juli lalu dalam perjalanan Pelabuhan Midai menuju Pelabuhan Tarempa, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat.

Plh Danramil 05/Midai, Sertu Oloan Aritonang menyampaikan, telah mendapat kabar, bahwa KM Sumber Cahaya yang hilang 6 hari sudah ditemukan dalam keadaan selamat. Saat ini, kata dia, proses penarikan kapal ke Kecamatan Midai oleh KM Fisabillilah bersama nelayan lainya.

"Melalui frekwensi radio dari KM Tuna dengan Eko Saputra sebagai nahkoda, di Dermaga Midai mendapat informasi dari KM Putra yang berada di laut menyaksikan KM Fisabillilah milik Kecamatan Midai sedang mengevakuasi KM Sumber Cahaya," kata Sertu Oloan Aritonang, Rabu (15/7/2020).

Sertu Oloan juga menerangkan, Rasidin, nahkoda KM Sumber Cahaya dan seluruh penumpang serta 10 ekor sapi sudah dievakuasi ke KM Fisabillilah dalam keadaan baik semuanya. "Diperkirakan kapal KM Sumber Cahaya kerusakan mesin, sehingga kapal harus ditarik," ujar Oloan.

Dijelaskan Oloan, dari keterangan komunikasi radio dengaan Din Parto, sebagai nahkoda KM Pindo yang saat ini berada di lautan mengiringi proses evakuasi kapal KM Fisabillilah ditarik menuju Pelabuhan Midai.

"Perkiraan dari Nelayan yang ikut serta saat proses pengiringan KM Fisabillilah, akan sampai pukul 18.00 WIB di Dermaga Midai," sambung Oloan.

Editor: Gokli