Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hilang di Laut Midai, Tim SAR Natuna dan Anambas Cari Kapal Kayu Pengangkut 10 Ekor Sapi
Oleh : Kalit
Jumat | 10-07-2020 | 18:37 WIB
cari-pompong-hilang.jpg Honda-Batam
Kapal kayau yang tengah dicari Tim SAR Natuna dan Anambas pasca hilang di Laut Midai. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Tim Basarnas Kabupaten Natuna menggelar operasi pencarian dan pertolongan, penyelamatan, serta evakuasi kepada nelayan asal Kecamatan Midai setelah adanya laporan satu unit kapal kayu (pompong) tonase 6 GT membawa 10 ekor sapi dan 5 POB (Passenger on Board) mengalami hilang kontak mulai 9 Juli lalu.

Kepala Basarnas Natuna, Maxiamus Bekabel menjelaskan, Basarnas bersama Tim Gabungan SAR meliputi TNI AL, TNI AD, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemadam dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas, Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Tim SAR dan element masyarakat nelayan Natuna berjibaku mencari kapal pompong di Laut Midai.

"Dua RIB milik Basarnas Natuna telah bergerak bersama gabungaan terpadu Tim SAR Natuna dari Pelabuhan Penagi memuju Laut Midai," ujar Mexi, Jumat (10/7/2020) sore.

Selain itu, Maxiamus yang akrab dipanggil Maxi juga menyampaikan, informasi terakhir posisi Pompong sebelum hilang kontak berada di 40.2 NM 273 atau 40 Mil dari Midai kearah Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Kita akan terus berupaya lakukan pencarian, terhadap kapal pompong, semoga saja segera ditemukan," ujar Mexi.

Diurai Mexi, informasi mengenai pompong tersebut berangkat dari Midai menuju Tarempa pada Rabu (8/7/2020) pukul 20.00 WIB, di mana diperkirakan sampai di Tarempa pada Kamis (9/7/2020) pukul 11.00 WIB.

Kini Kabupaten Natuna dan Ananmbas terlibat berjibaku proses pencarian kapal pompong. Selain itu, Mexi juga telah melaporkan ke Basarnas Pusat untuk ikut serta mengawasi kondisi Laut Midai dari satelit.

Editor: Gokli