Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perangi Covid-19, Bright PLN Batam Beri Bantuan Tenaga Medis
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Senin | 13-07-2020 | 11:00 WIB
bantuan-pln-batam1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penyerahan bantuan APD dari Bright PLN Batam ke rumah sakit rujukan Covid-19. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bright PLN Batam menyalurkan bantuan corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan berupa Alat Pelindung Diri (APD) kepada beberapa Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di wilayah Batam, yaitu Rumah Sakit Khusus Inveksi (RSKI) Galanng, Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam, Sekupang, Rumah Sakit Embung Fatimah, Sagulung dan Rumah Sakit Bhayangkara, Kabil.

Total bantuan CSR APD dan Alkes yang diberikan sebanyak 600 picss baju APD, 25 kotak handscoon, 300 picis masker,dan 50 picis face shiled. Pemberian bantuan Alkes dan APD tersebut diharapkan dapat membantu penanganan pasien di Rumah Sakit secara optimal. Kelengkapan Alkes dan APD akan memberikan rasa aman bagi dokter maupun perawat sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien.

Dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan secara langsung di RSKI Galang pada Selasa, 07 Juli 2020, Direktur Utama bright PLN Batam, Budi Pangestu mengatakan pemberian bantuan ini merupakan wujud kepedulian sosial bright PLN Batam kepada garda terdepan yang menangani Covid-19. Diharapkan bantuan ini dapat memenuhi kebutuhan paramedis yang tengah berjuang menghadapi para pasien Covid-19 yang sangat dibutuhkan pada masa-masa seperti ini.

"Alhamdulillah hari ini bright PLN Batam dapat berkunjung ke Rumah Sakit Galang. Sebagai perusahaan pelayanan publik kami akan terus berkomitmen dalam membantu penanggulangan wabah sekaligus mencegah pesatnya penularan Covid-19. Penanganan Pandemi Covid-19 ini bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan dibutuhkan juga rasa kepedulian dan kebersamaan dari seluruh lapisan masyarakat dalam memerangi virus. Salah satu bentuk simpati dan empati kami dengan berkontribusi memberikan bantuan bagi tenaga tim medis yang berjuang di rumah sakit," ujar Budi.

Sejalan dengan kunjungan tersebut, Budi juga mengecek dan memastikan sistem kelistrikan yang disediakan bright PLN Batam berjalan dengan lancar. Selain itu, Budi juga meminta kepada Manager Area terkait agar dapat memastikan pasokan listrik di rumah sakit rujukan Covid-19 aman.

Sementara itu Wakil Kepala Rumah Sakit Khusus Inveksi Galang, dr. Durmawan Haris Parhusip, Sp. PD, KGEH, M. Kes, FINASM mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan APD dari bright PLN Batam yang memang sangat membantu tenaga medis di Rumah Sakit dalam pelayanan kesehatan, , terlebih karena jumlah pasien yang dirawat makin meningkat.

"Pasien yang kami rawat saat ini jumlahnya 102 orang, dan kami juga akan tetap menerima pasien dari Gugus Tugas selama 24 jam. Oleh karena itu bantuan APD dan alat kesehatan ini sangat penting untuk kecukupan dan ketersediaan stok di Rumah Sakit," ucapnya.

Haris juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama berperan aktif dalam mematuhi imbauan pemerintah agar penyebaran wabah Corona bisa ditekan sekecil mungkin, dengan melakukan langkah preventif di lingkungan sekitar yang dapat dilakukan dengan cara tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak, tetap melakukan social distancing, selalu menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan, serta selalu menggunakan masker apabila keluar rumah.

"Semoga bantuan kelengkapan Alkes dan APD akan memberikan rasa aman bagi dokter maupun perawat sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien, sehingga dapat menambah semangat juang untuk melawan Covid-19 ini," tutup Haris.

Selain Rumah Sakit Rumah Khusus Infeksi Galang, bright PLN Batam juga memberikan bantuan di Rumah Sakit rujukan Covid-19 lainnya. Diantranya pada Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam yang diterima langsung oleh dr. Afdgalun Anwar Hakim, SP, JP. Sementara itu pada Rumah Sakit Embung Fatimah bantuan diterima langsung oleh Humas Rumah Sakti, dan Rumah Sakit Bhayangkara yang diterima oleh dr. Novia.

Kegiatan penyerahan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian bright PLN Batam kepada dokter, perawat, tenaga medis dan non medis yang bekerja disegala fasilitas kesehatan sebagai pahlawan terdepan dalam melawan Covid-19. Sebelumnya bright PLN Batam juga dengan aktif memberikan bantuan kapada masyarakat yang terdampak dan melakukan langkah-langkah preventif terhadap upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Batam.

Sebelumnya, dalam rangka menyabut Hari Raya Idul Fitri, bright PLN Batam membagikan sebanyak kurang lebih 2.939 paket sembako gratis kepada masyarakat Batam dan masyarakat disekitar 8 lokasi pembangkit PLTG Mobile Power Plant (MPP) tersebar yang terdampak pandemi Covid-19.

Bright PLN Batam secara resmi juga memberikan bantuan sebanyak 19 wastafel portable yang dapat digunakan oleh masyarakat umum di Kota Batam serta membagikan 1000 hand sanitizer untuk dibagikan kepada masyarakat melalui pemerintah Kota Batam. Wastafel tersebut di pasang buah padat tempat-tempat yang dikunjungi masyarakat seperti pasar tradisional, kantor pemerintahan, taman, tempat kuliner (foodcourt) dan fasilitas umum lainnya. Wastafel portable tersebut sudah dilengkapi dengan sabun cair, tisu dan tempat sampah.

Editor: Yudha