Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KPU Karimun Terima Anggaran APD dari Pusat
Oleh : Freddy
Sabtu | 11-07-2020 | 19:04 WIB
apd-pusat.jpg Honda-Batam
Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko. (Foto: Freddy)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun telah menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dari pusat untuk penyelenggara Pilkada serentak 2020.

Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko mengatakan, bantuan anggaran untuk keperluan APD untuk Pilkada serentak 2020.

"Anggaran keperluan APD tersebut merupakan bantuan dari pusat yang bersumber dari APBN," ujar Eko Purwandoko.

Ia menjelaskan, APD tersebut akan dibagikan atau diperuntukkan bagi petugas penyelenggara Pilkada 2020, mulai dari KPU, PPK, PPS hingga petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP). "KPU Kabupaten Karimun salah satu yang menerima bantuan anggaran APD dari pusat yang anggarannya bersumber dari APBN disebabkan Pemerintah Daerah tidak membantu anggaran untuk kebutuhan APD dalam pelaksanaan Pilkada 2020," jelasnya.

Sambung Eko Purwandoko, sebelumnya KPU Kabupaten Karimun sudah pernah mengusulkan tambahan anggaran untuk kebutuhan APD pada Pemerintah Daerah setempat, akhirnya untuk APD tersebut dibantu dari pusat bersumber dari APBN.

Ketika ditanya berapa jumlah anggaran APD yang dibantu pusat dan dalam bentuk apa, Eko Purwandoko mengatakan, kalau masalah anggaran dan jumlah APD dirinya kurang mengetahui secara pasti.

Eko Purwandoko mengimbau kepada masyarakat untuk memakai masker dan jika ada masyarakat yang tak menggunakan masker, petugas KPU akan memberikan masker untuk digunakan.

Terpisah, Sekretaris KPU Kabupaten Karimun, Arpan ketika dikonfirmasi mengatakan, bantuan dari pusat sudah hampir semua sampai dan diantar. "Saat ini dari pemesanan yang dilakukan melalui penyedia sudah di distribusikan untuk PPK, PPS dan petugas PPDP dan mudah-mudahan menjelang tanggal 15 Juli 2020 sudah lengkap," pungkasnya.

Lanjut Arpan, adapun APD tersebut terdiri dari masker, pelindung wajah, hand sanitizer, sarung tangan PPDP, vitamin C, sabun, cairan disinfektan, tissu, thermo gun untuk setiap PPK dan PPS masing-masing satu buah.

Ketika ditanya berapa jumlah keseluruhan APD dan dalam bentuk anggaran atau barang, Arpan mengatakan jumlahnya belum dapat sampaikan karena tidak dapat diingat, tetapi bantuannya dalam bentuk anggaran dari APBN.

Editor: Gokli