Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bertambah 4, Jumlah Pasien Covid-19 di Batam yang Sembuh Jadi 102 Orang
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 17-06-2020 | 14:20 WIB
covid-sembuh1.jpg Honda-Batam
Pasien covid-19 yang sembuh di Batam bertambah. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam kembali menginformasikan kabar baik. Sebanyak 4 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan Batam.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Batam, Azril Apriansyah melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Rabu (17/6/2020).

"Alhamdulillah, kemarin ada 4 pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Dengan penambahan ini, pasien positif di Kota Batam yang telah sembuh dari Covid-19 berjumlah 102 orang dari total 186 pasien," kata Azril.

Azril menyebutkan, para pasien terkonfirmasi positif dinyatakan sembuh setelah menerima hasil pemeriksaan swab dari BTKLPP Batam. Mereka telah menjalani tes swab sebanyak 2 kali dengan hasil negatif.

Adapun keempat pasien yang dinyatakan sembuh, sebut Azril, adalah sebagai berikut:

Tn Ahmad Robby Saputra (kasus no 38)
Tn Muhammad Sayuti (kasus no 81)
An Cherubim Daniella Candra (kasus no 124)
Afiqah Adelia Putri (kasus no 158)

Berdasarkan catatan penanganan perawatan dan hasil laboratorium swab yang disampaikan Laboratorium BTKLPP Batam, tim medis yang menanganinya dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Saat ini kondisi semua pasien dalam keadaan sehat dan stabil. Mereka dalam persiapan untuk kembali ke tempat tinggalnya, guna melaksanakan self isolatian atau karantina mandiri selama 14 hari," ungkapnya.

Azril menjelaskan, secara kumulatif, sejauh ini masih ada 72 pasien yang masih dirawat di sejumlah rumah sakit yang ada di Kota Batam. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 638 orang serta orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 5311 orang.

"Dari total pasien positif yang masih dirawat, 50 orang diantaranya dirawat di RSKI Galang, 6 di RSUD Embung Fatimah, 9 di RSBP Batam, 5 lainnya dirawat di RS Elisabeth Batam Center dan Lubukbaja, serta 1 dirawat di RS Awal Bross dan seorang lainnya sedanga menjalani isolasi mandiri," tambahnya.

Semua pasien positif yang masih dalam perawatan, sejauh ini dalam kondisi stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Editor: Chandra