Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sempat Kritis, Pasien Covid-19 Nomor 76 Batam Dinyatakan Sembuh
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 08-06-2020 | 15:21 WIB
covid-sembuh.jpg Honda-Batam
Pasien nomor 76 dinyatakan sembuh. (Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kabar baik datang dari rumah sakit rujukan Covid-19, Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF), seorang pasien terkonfirmasi positif Covid-19 nomor 76 bernama Ardiansyah (34) yang sempat mendapatkan perawatan di ICU selama 22 hari dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Bahkan selama perawatan di ICU ia harus menggunakan alat bantu nafas selama 18 hari. Masa-masa kritis itu telah ia lewati. Wajah ceria pun tampak saat proses pemulangan di gedung Tun Sendari RSUD-EF, Senin (8/6/2020), pukul 14.45 WIB.

"Pasien terkonfirmasi positif nomor 76 dinyatakan sembuh meski sempat dirawat di ICU selama 22 hari dan menggunakan alat bantu nafas selama 18 hari," ujar wakil Direktur RSUD-EF, Sri Rupiati.

Sri mengatakan, Ardiansyah masuk ke IGD RSUD-EF pada 15 Mei 2020 lantaran penurunan kesadaran. Dua hari berselang tepatnya 17 Mei, Ardian dipindahkan ke ICU gedung Tun Sendari Terpadu lantaran terkonfirmasi positif pada 16 Mei. Selama 22 hari Ardian melewati masa kritisnya karena hilang kesadaran.

"Kita pantau terus melalui CCTv yang terpasang di ICU. Pada 26 Mei pasien melakukan pemeriksaan swab dan tiga hari berselang dinyatakan negatif," ujar Sri.

Pemeriksaan swab kembali dilakukan pada 1 Juni dan kembali dinyatakan negatif dari Covid-19.

"Dari hasil swab kedua kembali dinyatakan negatif dan hari ini kita pulangkan," tambahnya.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, yang hadir di lokasi proses pemulangan mengucapkan syukur atas pemulangan satu pasien terkonfirmasi positif di RSUD-EF.

Ia mengaku atas nama Pemerintah Kota Batam, mengucapkan selamat kepada yang bersangkutan dan dapat berkumpul kembali ke keluarga dan masyarakat.

"Kedepan kita harus tetap berhati-hari, gunakan masker dan tetap menjalankan pola hidup sehat. Terima kasih kepada tim dokter di RSUD-EF yang telah berjuang melawan Covid-19," tutupnya.

Editor: Chandra