Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Serdik Sespimmen Polri Angkatan 60 Bakti Sosial Donor Darah di Batam
Oleh : Romi Chandra
Senin | 08-06-2020 | 14:42 WIB
serdik.jpg Honda-Batam

PKP Developer

ua Peserta Didik (Serdik) Sespimmen angkatan 60 tahun 2020. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua Peserta Didik (Serdik) Sespimmen angkatan 60 tahun 2020, AKBP I Nyoman Agung SN dan AKBP Conradus Bambang Harleyanto, melakukan donor darah di Gedung PMI batam, Senin (8/6/2020).

Kegiatan ini merupakan sebagai bentuk bakti sosial untuk mengajak masyarakat agar mau membantu warga yang tengah membutuhkan transfusi darah. Donor darah sendiri merupakan upaya seseorang dalam memberikan sejumlah darahnya untuk ditranfusikan kepada orang lain.

"Kita melakukan donor darah dengan tujuan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan," ujar Dewa.

Sayangnya, banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis. Padahal, selain bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan, donor darah juga bermanfaat bagi pendonor sendiri.

"Donor darah yang kami lakukan bertujuan memberi contoh kepada masyarakat agar mau peduli dengan sesama yang tengah membutuhkan transfusi darah. Iai adalah hal yang mulia. Kita bisa membantu masyarakat yang membutuhkan. Saya sangat berharap banyak masyarakat memiliki kesadaran untuk mau menyumbangkan darahnya kepada sesama," tambahnya.

Sementara Bambang menambahkan, menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, manfaat donor darah juga dirasakan bagi pendonornya.

"Tubuh jadi lebih fit karena produksi darah diperbaharui karena melakukan donor. Tekanan darah jadi lebih stabil," tambahnya.

Keuntungan lainnya juga bisa didapat bagi mereka yang kelebihan sel darah merah. "Karena dengan donor darah, tubuh jadi menyeimbangkan dengan kebutuhan," imbuhnya.

Disamping itu, donor darah untuk si pendonor, juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena kanker, jantung dan membantu menurunkan berat badan. Kemudian, meningkatkan produksi darah dan membuat pikiran stabil.

"Hidup kita bisa lebih sehat. Donor darah juga membantu menurunkan kolesterol serta membantu proses penyembuhan luka, dan masih banyak manfaat lainnya. Mari kita meningkakan kepedulian antara sesama dan terus menjaga kesehatan di tengha pandemi covi-19 ini," ajaknya.

Editor: Gokli