Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

40 TKI Asal Malaysia yang Dikarantina di Rusunawa Tanjunguncang telah Dipulangkan
Oleh : Irwan
Rabu | 03-06-2020 | 13:20 WIB
warga-karantina1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Tempat karantina di Rusunawa Tanjungucang, Batam (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 40 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia yang menjalani karantina di Rusunawa Pemko Batam di Tanjunguncang sejak Rabu (21/5/2020) lalu, telah dipulangkan ke daerah asal masing-masing, Rabu (3/6/2020) pagi.

Ke-40 TKI asal Malaysia tersebut dinyatakan bersih dari paparan Covid-19, setelah menjalani serangkaian pemeriksaan medis selama dua pekan.

Informasi yang dihimpun, sebanyak 28 orang dipulangkan ke Surabaya dan 12 ke Makasar. Mereka dipulangkan oleh pemerintah agar bisa menjalani karantina mandiri di tempat asal masing-masing.

Koordinator pengamanan lokasi karatina dari Tagana, Nur Arifin, menyebutkan, TKI yang masih menjalani masa karantina di rusunawa masih ada 108 orang.

Mereka ini sama satu rombongan dengan 40 orang yang sudah duluan dipulangkan. Namun sisanya belum menerima hasil swab dan pemeriksaan laboratorium.

"Awalnya kan 293 orang jumlah mereka semua. 28 orang dipindahkan ke Shelter Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) yang ada di Baloi, karena masuk kategori rentan. Dan 40 orang yang dipulangkan hari ini. Sisanya masih menunggu hasil pemeriksaan lebih lanjut. Kalau negatif maka diperbolehkan pulang," jelas Nur.

Sementara di Rusunawa BP Batam, sebanyak 40 orang masih menjalani masa karantina. Sebelumnya Rusunawa tersebut menampung 51 ODP, namun hanya sedikit yang diperbolehkan pulang maka jumlah terakhir sebanyak 47 orang.

Editor: Surya