Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ratusan Warga Amerika Malah Pesta 'Liar' di Danau saat Corona
Oleh : Redaksi
Jumat | 29-05-2020 | 14:53 WIB
amerika.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pesta liar warga Amerika. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Meski wabah virus corona atau Covid-19 kini tengah mengganas di Amerika Serikat (AS), ratusan warga mereka malah sibuk gelar pesta liar di danau.

Mereka mengabaikan aturan jarak sosial (social distancing) dan gelar pesta massal dengan menari, berenang, serta minum-minum.

Lusinan perahu kecil pun tampak berlayar di danau dan ratusan orang tersebut menikmati cuaca hangat di sekitar danau.

Aksi yang mengundang protes dari publik Amerika ini dibagikan di Twitter oleh jurnalis Colin Jeffery dari KSDK News. Dalam foto dan video yang beredar, terlihat tak satu pun dari mereka yang peduli dengan aturan jaga jarak sosial satu sama lain.

Melansir Sindonews, pesta liar yang diadakan di sebuah kolam renang di Danau Ozarks, Missouri pada Sabtu (23/5/2020) lalu ini diadakan untuk merayakan Memoridal Day akhir pekan.

Setiap tahun orang-orang Amerika ditetahui akan berduyun-duyun ke tempat wisata tersebut sebagai perayaan dan tahun ini tidak berbeda, meski pandemi Covid-19 belum mereda.

Jeffrey lalu mengatakan, ketika dia bertanya kepada Departemen Sheriff Camden County tentang pesta massal itu, ia diberi tahu bahwa perintah yang memungkinkan polisi untuk menegakkan jarak sosial sudah tidak ada lagi.

"Peraturan dan perintah kesehatan dari komisi berakhir ketika negara dibuka kembali. Tentu saja negara memiliki pedoman jarak sosial tetapi tampaknya tidak semua orang mengikutinya dengan sangat baik di sini," kata departemen itu.

Pesta ini berlangsung setelah Gubernur Missouri, Mike Parson membuka kembali sebagian negara bagian tersebut dan mengizinkan bisnis dan restoran lain membuka pintu mereka.

Namun, arahan bahwa setiap orang dan bisnis di Negara Bagian Missouri agar mematuhi persyaratan jarak sosial tidak diindahkan banyak orang.

Video dan foto pesta liar itu dengan cepat viral di media sosial dan pada hari Minggu pagi 'Lake of the Ozarks (Danau Ozarks)' jadi trending topic di Twitter.

Para pengguna media sosial pun meluapkan kemarahan dan kekecewaan mereka karena keabaian warga Amerika tersebut akan aturan jaga jarak.

"Saya tidak berpikir pekerja perawatan kesehatan, yang telah mempertaruhkan hidup mereka dan jam kerja yang kelelahan selama 3 bulan, harus memperlakukan orang-orang tolol yang berbondong-bondong (ironi) ke Ocean City dan Danau Ozarks akhir pekan ini. Tidak pernah berhenti membuat saya takjub betapa egoisnya orang Amerika," kesal pengguna Twitter Rebecca Stewart via akun @BeckyStewart13.

"Korban tewas AS saat ini: 97.414. Masa inkubasi: 2-14 hari. Danau Ozarks, Missouri-hari ini #COVID?19," tulis pengguna Twitter lain Tom Folan MD via akun @tomfolanmd sembari membagikan foto pesta liar.

Di sisi lain, data John Hopkins University saat ini menunjukkan AS memiliki 1.643.238 kasus Covid-19 dengan 97.720 orang di antaranya telah meninggal dan sebanyak 366.736 pasien berhasil disembuhkan.

Sumber: padangkita.com
Editor: Chandra