Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kabar Baik, 5 Pasien Positif Covid-19 di Karimun Dinyatakan Sembuh
Oleh : Fredy
Kamis | 28-05-2020 | 15:04 WIB
direktur-RS-karimun.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Direktur RS Muhammad Sani Tanjungbalai Karimun, Zulhadi. (Fredy Lantang)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pasien Positif Covid-19 di Karimun sudah 5 orang dinyatakan sembuh. Kondisi ini dilihat setelah pasien anak berusia 15 tahun hasil pemeriksaan PCR yang ke 9 dan ke 10 negatif dan dinyatakan sembuh.

Direktur RS Muhammad Sani Tanjungbalai Karimun, Zulhadi, mengatakan, pasien positif Covid-19 yang merupakan seorang anak selama ini dirawat di ruang isolasi RS Muhammad Sani sudah dinyatakan sembuh pada hari ini, Kamis (28/5/2020).

Ia menjelaskan, dari hasil pemeriksaan PCR yang dilakukan dua kali berturut-turut yang keluar pagi ini untuk pasien anak yang berusia 15 tahun, hasilnya negatif sehingga pasien dinyatakan sembuh.

"Insyallah hari ini pasien sudah bisa pulang karena dari hasil pemeriksaan PCR secara berturut-turut, baik pemeriksaan yang ke 9 maupun pemeriksaan ke 10 hasilnya negatif, pasien sudah bisa dinyatakan sembuh. " Ujar Zulhadi.

Sementara untuk 1 pasien dalam pemantauan (PDP), hasil pemeriksaan PCR yang pertama dan yang kedua juga sudah keluar pada hari ini, dengan hasil negatif. Pasien tersebut akan dipindahkan ke ruang observasi untuk pemulihan kondisi umum.

"Pasien PDP yang berkerja sebagai nelayan di Papua, hasil pemeriksaan PCR yang pertama dan pemeriksaan kedua juga negatif. Dia dipindahkan ke ruang observasi untuk pemulihan kondisi umum dan diperkirakan besok, Jumat (29/5/2020) sudah bisa dipulangkan," Kata Zulhadi.

Dari 5 pasien positif Covid-19 yang dirawat di RS Muhammad Sani Tanjungbalai Karimun yang sudah dinyatakan sembuh tersebut, adalah pasien berjenis kelamin laki-laki usia 44 tahun, kasus impor dari Malaysia. Kasus bulan Maret 2020 yang dinyatakan sembuh pada bulan April 2020.

Selanjutnya pasien laki-laki lanjut usia berusia 91 tahun yang datang dari Pekanbaru pada bulan April dan dinyatakan sembuh pada bulan Mei 2020.

Sedangkan pasien sembuh ketiga yakni pasien positif Covid-19 berjenis kelamin laki-laki usia 51 tahun dari klaster kakek 91 tahun pada bulan April dan dinyatakan sembuh pada Mei 2020.

Berikutnya pasien positif Covid-19 ke 4 yang sembuh berjenis kelamin perempuan usia 47 tahun klaster kakek 91 tahun, kasus bulan April dinyatakan sembuh bulan Mei 2020.

Kemudian pasien positif Covid-19 ke 5 yang dinyatakan sembuh, berjenis kelamin perempuan usia 15 tahun, klaster kakek 91 tahun, kasus April dan dinyatakan sembuh, Kamis (28/5/2020) .

Terpisah, Kadis Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi mengatakan, pasien anak berusia 15 tahun yang positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh setelah hasil pemeriksaan PCR negatif, sehingga total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Karimun yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 5 orang.

Editor: Chandra