Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

9 dari 11 Orang Positif Covid-19 Dipindahkan ke RSD Galang dari Rusunawa Tanjunguncang
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 19-05-2020 | 14:20 WIB
evakuasi-pasien.jpg Honda-Batam
Proses evakuasi 9 pasien dari rusunawa menuju RSD Galang. (Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 9 orang dalam pengawasan (ODP), yang dinyatakan positif Covid-19, dipindahkan dari Rusunawa BP Batam Tanjunguncang ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Selasa (19/05/2020) siang.

Sehari sebelumnya dua OPD yang diisolasi di Rusun juga telah dipindahkan ke rumah sakit rujukan yang ada di Batam.

"Dua orang lebih dulu dipindahkan ke rumah sakit rujukan di Batam. Hari ini ada 9 orang satu anak-anak yang dipindahkan ke RSD, Galang," ujar koordinator lapangan dari petugas keamanan di lokasi karantina Rusunawa Nur Arifin.

Pantauan di lapangan proses pemindahan sebelas ODP yang dinyatakan positif ini berlangsung cukup ketat. Petugas dan armada yang mengangkut mereka sangat safety. Mereka diangkut dengan dua ambulance dan satu mini bus yang mengangkut 9 orang positif Covid-19.

Informasi yang disampaikan petugas di rusunawa, dari sebelas orang ini satu diantaranya adalah balita. Mereka ini ODP dari Cluster Seraya yang berhubungan dengan pasien kasus 32 dan 35.

"Satu RT mereka ini, ada juga yang satu keluarga mereka berhubungan dengan pasien 32 dan 35 katanya," ujarnya.

Total ODP dari Cluster Seraya yang diantar sepekan lalu ke Rusunawa sebanyak 20 orang dan 13 orang diantaranya sudah dipindahkan ke rumah sakit karena dinyatakan positif.

"Lebih banyak yang positif," ujar Nur.

Sementara untuk jumlah semua ODP yang ada di rusunawa saat ini 22 orang dan beberapa diantaranya juga sedang menunggu hasil Swab dan uji laboratorium.

11 pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 Kota Batam merupakan hasil pemeriksaan Swab oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil tracing closes contact yang terus berlangsung dari cluster terkonfirmasi positif nomor 32, nomor 35, yang telah meninggal dunia dan kasus nomor 49 yang saat ini masih dalam perawatan di ruang isolasi rumah sakit swasta di Kota Batam.

Terkonfirmasi positif Covid-19 pada kasus ini merupakan 11 orang warga Kota Batam yang terdiri atas 3 perempuan dan 8 Laki-laki.

Editor: Chandra