Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ngabuburit di Kala Pendemi, Temata Studio Hadirkan Web Series Ustadz Jaga Jarak
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 09-05-2020 | 11:32 WIB
Ustad-jaga-jarak1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

web series 'Ustadz Jaga Jarak'. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Temata Studios (Telinga Mata Nusantara), rumah produksi film dan visual kreatif meluncurkan web series 'Ustadz Jaga Jarak' yang menceritakan tentang kehidupan ustadz yang harus beradaptasi di tengah kondisi wabah COVID-19 saat ini, Rabu (6/5/2020).

Berkolaborasi bersama Menjadi Manusia, 'Ustadz Jaga Jarak' ditayangkan hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 16.00 di channel YouTube Menjadi Manusia untuk menemani ngabuburit di kala pandemi.

"Ustadz Jaga Jarak berawal dari kesadaran kami terhadap kondisi saat ini dimana seluruh warga Indonesia tengah berjuang menghadapi wabah COVID-19 dan merupakan wujud dari keresahan kami untuk menyiasati bagaimana kami untuk bisa terus berkarya. Kami berharap karya yang kisahnya sangat relate dengan keseharian masyarakat di tengah masa pandemi ini dapat menghibur dan menghadirkan nilai positif atau memberikan inspirasi bagi masyarakat untuk tetap positif dalam menjalani physical distancing di Bulan Ramadhan," ujar Tesadesrada Ryza Founder Temata Studios dalam siaran pers yang dilansir pada Sabtu (9/5/2020).

Dijelaskan, web series 'Ustadz Jaga Jarak' mengisahkan seorang ustadz yang harus beradaptasi dalam keterbatasan ruang gerak dan aktivitas akibat dari kondisi wabah COVID-19. Karena anjuran pemerintah yang menghimbau agar masyarakat tetap di rumah, ustadz dalam web series ini harus melakukan seluruh kegiatannya lewat video conference.

Disutradarai oleh Rahabi Mandra, Peraih Penulis Skenario Terbaik Festival Film Indonesia 2017, 'Ustadz Jaga Jarak' mengangkat berbagai cerita yang ada di masyarakat dan dikemas ke dalam bentuk komedi agar lebih mudah diterima serta menghibur.

"Menjadi Manusia merupakan platform tempat menampung kisah-kisah yang ada di masyarakat. Alangkah baiknya jika kita dapat membagikan cerita tersebut ke lebih banyak masyarakat, namun dengan kemasan yang unik dan menarik. Maka dari itulah kami bersama Temata Studios membuat web series ini dengan mengoptimalkan peran masing-masing. Tentunya kami berharap karya ini dapat disambut baik oleh masyarakat," kata Rhaka Gbanksatria -Co Founder & The Brain - Menjadi Manusia.

Dengan segala keterbatasan yang harus dijalani, Temata Studios menciptakan 'Ustadz Jaga Jarak' hanya melalui telepon dan video conference.

"Ustadz Jaga Jarak sejauh ini adalah web series pertama yang dirancang hanya dengan menggunakan telepon dan video conference untuk keseluruhan proses pra produksi, syuting hingga pasca produksi. Tentunya dengan kondisi COVID-19 ini, masyarakat dituntut untuk dapat beradaptasi dan khususnya bagi kami sebagai kreator, ini menjadi dorongan dalam meningkatkan kreativitas guna menghadirkan karya-karya baik bagi khalayak," tambah Rahayu Mandra.

Tokoh ustadz dalam serial ini diperankan oleh Ade Firman Hakim, bersama jajaran aktor dan aktris tanah air lainnya seperti Dimaz Andrean, Echa Oemry, Karlina Inawati, Kiki Narendra, Rezca Syam, Ina Marika Zuli, Mian Tiara, Anggie Merdianti, Sweetje Tanamal, Leon Lolang, dan Oscar Lolang.

Editor: Yudha