Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Garuda Indonesia Kembali Layani Penerbangan Komersil Rute Batam - Jakarta
Oleh : Putra Gema
Rabu | 06-05-2020 | 18:22 WIB
hang-nadim-buka.jpg Honda-Batam
Suasana di Bandara Hang Nadim Batam setelah penerbangan komersil kembali dibuka, Rabu (6/5/2020) sore. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Bandara Internasional Hang Nadim Batam mulai membuka penerbangan komersil tujuan Jakarta, Rabu (6/5/2020) sore.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, aktivitas pertama pasca ditutupnya penerbangan komersil ini akan mulai berlangsung sore ini.

Diungkapkannya, maskapai yang akan melakukan penerbangan kedatangan dan keberangkatan pertama adalah maskapai Garuda Indonesia tujuan Jakarta. Nantinya penerbangan ini akan mengangkut penumpang dan kargo.

"Sore ini, rute JKT-BTH-JKT. Angkut penumpang dan kargo," kata Suwarso ketika dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu.

Lanjut Suwarso, penerbangan yang diizinkan saat ini merupakan maskapai pemerintah. Garuda Indonesia akan beroprasi mulai, 6 Mei 2020, 14 Mei 2020, 20 Mei 2020, dan 28 Mei 2020.

Diungkapkannya, penerbangan ini juga hanya diizinkan untuk keperluan bisnis dan pemulangan WNA. Penumpang yang ikuti penerbangan ini pun harus memiliki surat bebas Covid-19 (Corona Virus) dari karantina.

"Jadi calon penumpang harus ada surat bebas Covid-19 dari karantina. Penumpang yang di angkut juga 50 persen, tidak penuh karena harus ikuti protokol kesehatan," ujarnya.

Pantauan di lokasi, hingga saat ini Bandara Internasional Hang Nadim Batam masih terlihat sepi dari pada hari-hari biasanya. Hanya beberapa penumpang bisnis dan petugas Bandara yang terlihat hilir mudik di lokasi.

Editor: Gokli