Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama #Dirumahaja, Yuk Sajikan Nutrisi Penting Ini Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak
Oleh : Redaksi
Rabu | 06-05-2020 | 14:20 WIB
ilustrasi-makan-di-rumah.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selama pandemi Corona, aktivitas belajar anak-anak dialihkan dari tatap muka langsung di sekolah bersama guru menjadi belajar di rumah.

Supaya buah hati tetap sehat dan daya tahan tubuhnya tetap kuat selama #DiRumahAja, sajikan lima macam nutrisi penting ini dalam sajiannya sehari-hari.

Buah dan Sayur

Semua buah dan sayuran kaya akan antioksidan dan vitamin yang penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Wortel, jeruk, strawberry, labu dan sayuran berdaun hijau merupakan beberapa contoh sayur dan buah yang dapat dimasukkan dalam menu makan sehari-hari untuk membangun kekebalan tubuh.

Sering menghadapi drama saat menyuguhkan buah dan sayuran untuk anak-anak? Siasati anak yang rewel saat makan sayur dan buah dengan membuat variasi makanan yang lezat. Selain itu, sebagai orangtua, kamu bisa memberikan contoh dengan menyantap sayur dan buah, misalnya dalam menu makan sehari-hari hingga camilan di sela waktu luang.

Daging Tanpa Lemak

Daging menjadi salah satu bahan makanan yang penting bagi kesehatan. Kadar protein yang cukup baik di dalamnya membantu tubuh memperbaiki dirinya sendiri dan membangun otot tubuh. Selain itu, sebagai sumber zat besi, konsumsi daging juga diperlukan untuk perkembangan sel darah merah agar bebas dari lemas.

Agar daya tahan tubuh anak terjaga dengan optimal, pastikan untuk memilih daging tanpa lemak. Pasalnya kadar lemak jenuh yang tinggi, yang banyak terdapat pada menu fast food favorit anak, sering dikaitkan dengan risiko obesitas sejak usia dini.

Almond

Rasanya yang lezat membuat almond sering jadi camilan favorit semua orang, termasuk anak-anak. Jangan takut bakal bosan karena kacang almond bisa dinikmati dalam berbagai cara, misalnya dipanggang dan dinikmati langsung, dijadikan topping salad, dibalut gula tebu untuk camilan lezat, hingga dihaluskan menjadi sari almond. Dikenal kaya nutrisi, kandungan alkali di dalamnya bekerja sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Susu

Susu merupakan asupan bergizi yang penting diberikan untuk anak-anak. Kandungan kalsium yang melimpah di dalamnya, menjadikan susu bermanfaat untuk pembentukan tulang. Selain itu, di dalam susu juga terkandung sumber protein berkualitas, seperti kasein dan whey yang bermanfaat untuk memaksimalkan penyerapan kalsium dan fosfor, sehingga bisa mengoptimalkan pertumbuhan badan dan pembentukan otot pada tubuh anak.

Susu juga mengandung vitamin E dan zat besi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A, asama linolenat serta omega 3 di dalam susu, juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi beragam penyakit. Makanya, susu sangat disarankan untuk dikonsumsi si kecil demi membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya. Namun jangan sembarangan memilih produk, pastikan kamu menjatuhkan pilihan pada produk terbaik.

 

Sumber: fimela.com
Editor: Chandra