Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Natuna Tinjau Kesiapan Tenaga Medis Tanggulangi Penyebaran Covid-19 di Pulau Laut
Oleh : Kalit
Jum\'at | 01-05-2020 | 16:20 WIB
PL-1.jpg Honda-Batam
Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal saat meninjau kesiapan petugas medis di Pulau Laut untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. (Foto: Kalit)

BATAMTODAY.COM, Natuna - Upaya pencegahan penyebaran Covid-19 menjadi focus nasional saat ini, mengingat pandemi ini tengah pada tahap mengkhawatirkan, sehinga kesiapan tenaga medis perlu menjadi perhatian.

Tak hanya tenaga medis, antisipasi penyebaran Covid-19 ini juga menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah dengan segala kewenangan dan fungsinya, serta masyarakat dalam segala aktivitasnya.

Hal ini pula yang membuat Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal turun ke Pulau Laut untuk melihat langsung kesiapan tenaga medis dia sana. Tak hanya itu, Abdul Hamid juga menyempatkan diri untuk menyampaikan imbauan-imbauan pencegahan penyebaran Covid-19, di antaranya dengan tetap di rumah, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat, menghindari keramaian untuk mencegah meluasnya penularan wabah tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal dalam sambutannya pada acara pertemuan dengan unsur pemerintahan, masyarakat dan aparatur medis Kecamatan Pulau Laut, Senin (13/4/2020).


Hamid mengatakan, dalam keadaaan saat ini, yang berdampak langsung adalah masyarakat yang berprofesi sebagai petani dan nelayan, karena hasil penjualan pertanian maupun hasil laut nelayan mengalami penurunan yang mengakibatkan perekonomian masyarakat menjadi menurun.

Dalam kunjungan dan peninjauan di Pulau Laut, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal bersama Kapolres Natuna, Dandim 0318/Natuna dan Camat Pulau Laut, menyampaikan Pemerintah Daerah sedang mencari solusi untuk menyangga perekonomian masyarakat yang akan disejalankan dengan upaya penanganan Covid-19 secara bersamaan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Natuna juga menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang diperuntukkan bagi para petugas medis yang bertugas di salah satu kecamatan terluar tersebut, bantuan ketahanan pangan berupa paket sembako kepada masyarakat, serta bantuan operasional bagi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Pulau Laut.


Selanjutnya seluruh rombongan kunjungan kerja berkesempatan meninjau Puskesmas Pulau Laut untuk melihat kesiapan para aparatur medis melakukan pelayanan kesehatan, terutama bagi mendukung penanganan Covid-19.

Hamid Rizal ketika itu juga meminta, agar Kepala Dinas Kesehatan untuk memprioritaskan kondisi kesejahteraan para tenaga medis yang bertugas di Pulau Laut yang merupakan salah satu wilayah terluar NKRI. (*)