Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

7 Pejabat Pemkab Karimun Dilakukan Rapid Test, Hasilnya Non Reaktif
Oleh : Fredy
Senin | 27-04-2020 | 14:56 WIB
ilustrasi-covid-19.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi pemeriksaan rapid test. (Istimmewa)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Sebanyak 7 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun yang melakukan pemeriksaan rapid test dinyatakan non reaktif.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rahmadi, kepada BATAMTODAY.COM, Senin (27/4/2020). Ketujuh pejabat yang dilakukan rapid test, katanya, hasilnya non reaktif atau negatif.

Namun, Rahmadi, enggan mengungkapkan siapa saja pejabat yang dilakukan Rapid test tersebut dan kapan dilakukan rapid test tersebut.

Dijelaskan Rahmadi, dasar melakukan rapid test terhadap pejabat di lingkungan Pemkab Karimun berdasarkan Surat Gubenur Kepulauan Riau tertanggal 13 April 2020 dengan nomor 440/576/BPBD-SET/2020 yang ditujukan kepada Bupati/walikota Se-Provinsi Kepulauan Riau perihal Rapid test Covid-19.

Dalam surat Gubenur tersebut, diminta kepada bupati/walikota dan sekretaris daerah serta pejabat tinggi yang terlibat langsung dalam penanggulangan Covid-19 untuk dapat melakukan rapid test dan melaporkan hasilnya kepada gugus tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Riau.

Menurutnya, ketersediaan alat rapid test memang sangat terbatas jumlahnya dan penggunaannya lebih diprioritaskan pada tenaga kesehatan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang menunjukkan kearah Covid-19 atau pernah bersentuhan dengan positif Covid-19 serta pejabat daerah yang disesuaikan dengan Surat Edaran gubernur Kepulauan Riau.

Sementara dari update data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Karimun yang dikirimkan Kadis kesehatan Kabupaten Karimun melalui pesan WhatsApp per (27/4/2020) disebutkan, yang sudah dilakukan Rapid test sebanyak 410 orang, hasilnya 6 reaktif dan sisanya 404 non reaktif atau negatif.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 16 orang, selesai pengawasan 14 orang, proses pengawasan rumah sakit 1 orang, PDP Meninggal 3 orang yang hasilnya pemeriksaan lab, ketiga orang yang meninggal tersebut dinyatakan negatif Covid-19.

Sedangkan positif Covid-19 ada 2 orang, yang 1 orang sudah sembuh dan 1 orang masih dalam proses rawat.

Selanjutnya proses pemeriksaan tes lab PCR 25 orang yang terdiri PDP 16 orang, ODP 5 orang dan OTG 4 orang.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat 272 orang, selesai pemantauan 252 orang dan proses pemantauan 20 orang yang terbagi di wilayah kecamatan Karimun 5 orang, Tebing 4 orang, Meral Barat 1 orang, Belat 3 orang, Kundur Barat 1 orang, Kundur Utara 1 orang, Ungar 5 orang, Buru, Durai, Meral, Moro, Tanjungbatu 0 atau nihil.

Editor: Chandra