Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kepala RSD Galang Tegaskan Tak Mungkin Tolak Pasien Covid-19
Oleh : Irwan Hirzal
Minggu | 26-04-2020 | 18:04 WIB
Khairul-Ihsan-Nasution_jpg22.jpg Honda-Batam
Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Kolonel Dr. Khairul Ihsan Nasution (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beredarnya kabar bahwa Rumah Sakit Darurat (RSD) Khusus Infeksi Covid-19 di Pulau Galang, menolak satu pasien positif Covid-19 rujukan dibantah oleh Kepala Rumah Sakit Khusus Infeksi Covid-19 Pulau Galang, Kolonel Ckm Dr dr Khairul Ihsan Nasution.

"Mana benar, miskomunikasi. Kita tidak mungkin menolak pasien, semua pasien kita terima. Cuma pasien yang datang ke kita harus melalui prosedur, dan harus ada SOP-nya," ujar Khairul dalam sambungan telepon, Minggu (26/03/2020).

Khairul menjelaskan, RS Galang bisa menerima siapapun pasien daerah yang terinfeksi Covid-19, asalkan rumah sakit rujukan di Kepri yang memiliki wewenang sudah tidak memiliki daya tampung.

"Rumah sakit daerah kan banyak yang bisa menangani pasien Covid-19, Kalau semua (rumah sakit-red) sudah penuh baru diserahkan ke kita. Komunikasi itu yang belum berjalan. Bukan berarti RS satu penuh langsung lembar ke RS Galang kan masih ada RS yang lain," tegasnya.

Saat ini, kata Khairul, RSD Galang merawat 43 orang, 32 orang lainnya positif Cobid-19.

"Dari 32 yang positif tiga di antaranya kan anggota Polri yang kami rawat. Jadi kami tidak ada menolak pasien. Semua pasien diterima asalkan sesuai prosedur," pungkasnya.

Editor: Surya