Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Antisipasi DBD dan Covid-19, Seluruh Blok Hunian WBP Rutan Batam Difogging
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 13-04-2020 | 17:20 WIB
fogging-rutan.jpg Honda-Batam
Proses fogging di seluruh ruangan Rutan Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selain mengantisipasi pencegahan dan penyebaran virus corona (Covid-19), Rutan Klas II A Batam juga mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan melakukan fogging di seluruh blok hunian warga binaan permasyarakatan (WBP).

Fogging tersebut dilakukan dengan cara pengasapan di lingkungan dari mulai kantor, blok hunian, branggang sampai dengan Rumah Dinas.

Fogging dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit DBD dalam upaya menjaga kesehatan narapidana dan tahanan. "Hal ini kita lakukan untuk antisipasi penyebaran virus Corona atau tempat penyebaran penyakit demam berdarah," ucap Kepala Rutan Batam, Yan Patmos, Senin (13/04/20) siang.

Dalam kesempatan itu juga, Yan Patmos menyampaikan, jika pemberantasan nyamuk Aedes Aegepty tidak bisa hanya dilakukan dengan menjaga kebersihan saja, namun tetap harus dibasmi dengan fogging atau pengasapan.

Masuknya musin hujan sangat rentan dengan penyebaran penyakit DBD, maka merupakan langkah tepat yang diambil pihak Rutan Batam dalam melindungi dan menjaga kesehatan WBP beserta petugasnya agar terhindar dari serangan nyamuk.

"Pengasapan atau Fogging di Rutan ini kami laksanakan setiap empat bulan sekali, termasuk pemeriksaan jentik Aides Aifgepty untuk memastikan Rutan bebas DBD dan virus corona ini," tegasnya.

Berlangsung pengasapan di blok hunian narapidana dan tahanan, pihak Rutan pun langsung menjemur napi secara massal di halaman Rutan sambil memberikan pengarahan dan pembinaan secara rohani dan jasmani.

Editor: Gokli