Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Presiden Minta Penyaluran Bantuan Sosial Akibat Pandemi Corona Jangan Berbelit-belit
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-04-2020 | 11:16 WIB
presiden-jokowi-galang11.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Presiden Jokowi saat meninjau Rumah Sakit Darurat Pulau Galang, baru-baru ini. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo meminta agar berbagai program jaring pengaman sosial senilai total Rp 110 triliun bagi masyarakat kalangan bawah yang terdampak pandemi Corona (COVID-19) dibuat sepraktis mungkin.

"Mekanisme penyaluran jaring pengaman sosial ini dibuat seefisien mungkin, digunakan cara-cara praktis dan tidak berbelit-belit dan tidak menyulitkan masyarakat," kata Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa.

Presiden Jokowi dalam rapat terbatas dengan tema "Efektivitas Penyaluran Program Jaring Pengaman Sosial" melalui video conference bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Presiden juga meminta penyaluran tersebut juga ikut melibatkan unsur Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pedagang hingga ojek.

"Rancang agar melibatkan sektor UMKM, pedagang sembako di pasar, jasa transportasi ojek sehingga bisa menggerakkan, mengikutsertakan usaha-usaha di bawah dan bersama-sama ekonomi di bawah ikut bergerak," kata Presiden.

Pemerintah telah menyiapkan dana sekitar Rp110 triliun untuk mengatasi dampak sosial ekonomi penyebaran COVID-19.

"Yang dialokasikan untuk jaring pengaman sosial bagi masyarakat lapisan bawah agar tetap mampu memenuhi kebutuhan pokok dan berbelanja untuk menjaga daya beli," ujar Presiden.

Program pertama yaitu Program Keluarga Harapan (PKH). "Pemerintah telah memperluas jumlah keluarga penerima PKH dari 9,2 juta penerima menjadi 10 juta dan juga memperbesar nilai manfaat dinaikkan kurang lebih 25 persen dan penyaluran dipercepat dari 3 bulan sekali menjadi sebulan sekali," kata Presiden.

Kedua, Kartu Sembako yang dinaikkan dari 15,2 juta penerima menjadi 20 juta penerima.

"Nilai manfaat dinaikkan 30 persen dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu dan diberikan selama 9 bulan dan khusus (penduduk di) Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi kita sedang menyiapkan bantuan sosial khusus untuk 3,7 juta dan 1,1 juta diantaranya disalurkan Pemprov DKI Jakarta," ungkap Presiden.

Artinya pemerintah pusat menyiapkan bagi 2,6 juta penduduk selama 2 bulan sesuai dengan masa tanggap darurat yang ditetapkan oleh satgas COVID-19.

Ketiga, paket sembako bagi wilayah Jabodetabek. "Saya juga telah memerintahkan Menteri Sosial mendistribusikan 200 ribu paket sembako untuk wilayah Jabodetabek," ucap Presiden.

Keempat, Kartu Pra Kerja yang akan segera dimulai tanggal 9 April 2020. "Anggarannya dinaikkan dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun dan penerima manfaatnya 5,6 juta orang terutama yang terkena PHK, pekerja informal, pelaku UMKM yang terdampak COVID-19," ungkap Presiden.

Kelima, diskon dan biaya cuma-cuma tarif listrik.

"Juga sudah saya sampaikan Ahad yang lalu tarif listrik bagi 24 juta pelanggan 450 KVa digratiskan dan 7 juta pelanggan 900 KVa didiskon 50 persen selama bulan April, Mei dan Juni," ujar Presiden.

Sumber: ANTARA
Editor: Yudha