Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Sudah 37 Ribu Pekerja Migran Pulang ke Indonesia di Tengah Wabah Corona
Oleh : Redaksi
Selasa | 07-04-2020 | 10:28 WIB
resmikan-rs-galang1.jpg Honda-Batam
Pangkogabwilhan I, Laksdya Yudo Margono saat meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (6/4/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Puluhan ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pulang secara mandiri ke Indonesia selagi pemerintah bersiap menjemput mereka di tengah wabah virus corona (Covid-19).

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menuturkan dari laporan yang diterima pihaknya hingga saat ini telah ada 37.222 pekerja migran yang pulang ke Indonesia.

"Sampai saat ini sudah mencapai 37.222 orang dengan berbagai tujuan," kata Yudo melalui pesan singkat, Selasa (7/4/2020).

Yudo menambahkan pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan kapal milik TNI angkatan laut di perairan Batam, untuk menjemput para pekerja migran tersebut.

Selain itu pemerintah juga berencana melakukan tes kesehatan terhadap para pekerja migran untuk memastikan mereka tidak terpapar virus corona.

Bagi mereka yang terpapar Covid-19, pemerintah sedianya telah menyiapkan Rumah Sakit Darurat Pulau Galang sebagai tempat isolasi.

"Masalahnya mereka sudah pulang ke daerahnya masing-masing," kata Yudo.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan akan memantau kepulangan para pekerja migran dari Malaysia untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19).

Editor: Yudha