Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pendiri The Skatalites Tutup Usia
Oleh : Redaksi/Kapanlagi.com
Sabtu | 05-05-2012 | 11:41 WIB
Lloyd_brevett.jpg Honda-Batam

Llyod Brevett, pendiri sekaligus bassist The Skatalites. 

KINGSTONE, batamtoday - Jamaika berduka. Para pecinta musik Jamaika di seluruh dunia berduka kehilangan seorang musisi ska legendaris. Ia adalah Llyod Brevett, pendiri sekaligus bassist The Skatalites. Pria 80 tahun ini menderita sakit stroke dan kejang berkelanjutan.

Seorang teman dekat yang ditunjuk mewakili keluarga, Maxine Stowe menyebutkan, Llyod berpulang sebelum fajar. Kondisinya memburuk dalam 2 minggu terakhir, setelah anaknya, Okine yang berusia 32 tahun, tewas tertembak di Kingston, Jamaika. Okine ditembak beberapa jam setelah menerima sebuah penghargaan reggae atas kontribusi sang ayah.

Para veteran musik Jamaika menyatakan dukacita mendalam atas kehilangan dedikasi berpuluh tahun Llyod. Bunny Wailer, seorang legenda reggae yang populer bersama Bob Marley di bawah nama Bob Marley and The Wailers, mengatakan hampir mustahil menyaingi musikalitas Llyod.

"Musik Llyod itu abadi," kata Bunny.

P.J Patterson, seorang teman dekat yang pernah menjadi tur manajer The Skatalites mengingat Llyod sebagai seseorang yang selalu bisa menjaga irama band agar tetap stabil, "Menyebut Llyod sebagai pencipta musik ska dan dub, itu tidaklah berlebihan," ujarnya.

Sebenarnya, sudah sejak lama Llyod meninggalkan Jamaika dan hidup di New Jersey, Amerika Serikat. Ia meninggalkan seorang istri dan beberapa orang anak. Sebuah upacara pemakaman lengkap sedang disiapkan.

The Skatalites adalah salah satu band ska gelombang pertama, salah satu perintis dan pejuang ska di awal tahun 60-an. Dalam rentang 18 tahun sepanjang 1963-1965, The Skatalites telah mencetak berbagai hits seperti Guns of Navarone serta Eastern Standart Time. Sekedar catatan, band ini masih tetap aktif sampai sekarang.

Sekedar catatan, Llyod adalah produser untuk dua album The Skatalites, yaitu African Roots (1975) dan The Legendary Skatalites (1976). Salah satu pernyataannya yang paling diingat adalah, "Ska was our type of music that could lift the youth and make Jamaica known around the world." atau "Ska adalah musik khas kita (Jamaika) yang akan mengangkat generasi muda dan membuat Jamaika dikenal di seluruh dunia."

Pernyataan itu sesungguhnya, adalah benar. Selamat jalan, Llyod.