PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Khusus yang Belajan Makanan Agar Dibungkus

Penyemprotan Disinfektan Serentak, Polda Kepri Imbau Warga Tetap di Rumah
Oleh : Hadli
Selasa | 31-03-2020 | 17:52 WIB
semprot-semua.jpg honda-batam
Proses penyemprotan disinfektan di jalan protokol Kota Batam, Selasa (31/3/2020). (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polda Kepri dan jajaran Polres serentak melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh jalan protokol.

Skala besar penyemprotan dilakukan di Batam dipimpin Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto, Selasa (31/03/2020) pagi sekitar 09.00 WIB.

Wakpolda Kepri Brigjen Yan Fitri Halimansyah menjelaskan penyemprotan disinfektan secara serentak di seluruh Indonesia dilakukan hari ini sesuai arahan Kapolri Jendral Idham Azis. "Kegiatan ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Harapan dari kegiatan penyemprotan disinfektan secara serentak ini merupakan sebuah gerakan moral dan bentuk gerakan nyata untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan," ujar Yan Fitri.

Ia menambahkan, langkah ini dilakukan agar penyebaran virus Covid-19 tidak semakin meluas terutama di tempat-tempat umum seperti jalan raya, taman dan di tempat fasilitas fasiltas umum lainya.

Kegiatan diawali dengan apel pelaksanaan tugas dan penyampaian arahan Dir Samapta Polda Kepri, Kombes Pol Sarif Rahman. Ia mengatakan, sesuai arahan Kapolda Kepri penyemprotan disinfektan dilakukan tidak mengenai sasaran tubuh manusia terutama dibagian hidung, mata dan telinga.

Kegiatan penyemprotan disinfektan secara serentak ini juga dilakukan di tempat-tempat tertutup seperti ATM, rumah makan, pasar-pasar, rumah-rumah ibadah, sekolah dari TK sampai dengan SMA dan juga jalan-jalan kampung dengan bekerja sama dengan KNPI dan Polsek-polsek.

Dalam kegiatan penyemprotan disinfektan secara serentak ini, Polda Kepri menurunkan 36 kendaraan yang terdiri dari AWC, Water Canon dan mobil double cabin yang sudah dimodifikasi agar spray disinfektan yang keluar seperti embun.

Wakapolda Kepri juga menjelaskan, cairan disinfektan yang disemprotkan yang sesuai dengan anjuran dari WHO yaitu 1 mg untuk 1 liter yang aman untuk manusia.

Kegiatan penyemprotan desinfektan secara serentak ini juga dilakukan orang perorangan dengan menggunakan perangkat penyemprotan hama. "Dan siapun yang meminta pertolongan dan bantuan Polda Kepri agar menghubungi Kabid Humas Polda Kepri dan Komandan Satgas Operasi Aman Nusa II Dir Samapta Polda Kepri yang akan memberikan bantuan secepat mungkin seperti meminta penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan fasilitas umum lainya," jelasnya.

Penyemprotan disinfektan ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 21 dimulai dari jam 09.00 WIB dan jam 14.00 WIB setiap harinya. "Sebelum pelaksanaan penyemprotan disinfektan berlangsung. Kepada seluruh masyarakat kami menghimbau untuk tetap berada dirumah, stay at home, tinggallah di rumah untuk kita semua, biarkan TNI-Polri yang bekerja silahkan melaksanakan kegiatan di rumah, berbelanja masih diperbolehkan, fasilitas-fasiltas logistik masih terbuka namun kami menghimbau kalau ingin membeli makan silahkan namun dibungkus untuk dibawa pulang hindari kerumununan," ucap Wakapolda Kepri.

Wakapolda kepri juga menekankan kepada seluruh masyarakat agar menjaga jarak aman 'Physical distancing'. "Semoga kita bisa menyelesaikan terpaparnya masyarakat Kepri dari ancaman virus corona dengan sikap yang disiplin dan komitmen serta saling mengingatkan untuk kebaikan," ujar jendral bintang satu tersebut.

Editor: Gokli