Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lestarikan Budaya Batak

Marga Simbolon Gelar Pesta Bolon di Gelora Bung Karno
Oleh : surya
Jum'at | 04-05-2012 | 13:46 WIB
anthon-simbolon-1.jpg Honda-Batam

Anthon Simbolon (F: Ist)

JAKARTA, batamtoday-Masyarakat Batak bermarga Simbolon (Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia/PSBI) akan menggelar Pesta Bolon Simbolon pada 1-7 Juli 2012 di Jakarta. Pesta ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-5 PSBI, yang akan diisi pameran dan pentas budaya Batak.

Pesta Bolon Simbolon ini, menurut Ketua Panitia PSBI, Anthon Simbolon, merupakan wahana pelestarian nilai-nilai dan budaya Batak.

"Pesta Bolon Simbolon ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya Batak sebagai warisan leluhur yang bernilai tinggi dihadiri sekitar 30 ribu warga Batak dari Jabodetabek," kata Anthon Simbolon, kepada wartawan, di kawasan Gelora Bung Karno Jakarta, Kamis (3/5/2012) malam.

Selain itu lanjutnya, kegiatan juga merupakan wahana agar masyarakat Batak yang tersebar di berbagai daerah perantauan tetap mengenal akar budaya mereka. "Kami berharap warga Batak, tidak hanya marga Simbolon, tetapi juga marga-marga lainnya, yang ada di wilayah Jabodetabek untuk turut berpartisipasi dalam perhelatan akbar kita kali ini," ujarnya.

Kegiatan ini sekaligus juga ditujukan untuk konsolidasi Ompu Raja Bolon se-Indonesia dan dunia. Acara kegiatan adat Batak ini merupakan Pesta Adat back to basic, sesuai dengan kebudayaan batak. "Kegiatan ini untuk marga Simbolon, konsolidasi keturunan Ompu Raja Bolon Se-Indonesia. Dulu seluruh dunia. Untuk tahun ini, panitia tidak undang dari luar negeri. Karena kita dari keturunan Parna yang ke-56 mempunyai banyak marga didalamnya. Sehingga kalau kakak atau adik. (Marga lain yang tergabung dalam Parna), punya acara, adik atau kakaknya yang mengerjai kegiatan pesta adat," katanya. 

Selain itu, Pesta bolon Simbolon 2012 ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya Batak sebagai warisan lelulur yang bernilai tinggi dengan tujuan agar masyarakat batak yang ada di perantauan bisa memahami dan mengetahui nilai-nilai budaya batak yang asli.

"Intinya kita ingin melestarikan budaya adat Batak kepada generasi muda saat ini, agar tidak tergusur dengan budaya yang bukan adat," jelas Anton lagi.

Di sela-sela Pesta Bolon ke-5 ini dilaksanakan, akan digelar Konggres II PSBI pada 4-6 Juli 2012 di Hotel Sultan, Jakarta yang akan dihadiri utusan dari 85 PSBI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia."Kongres tersebut akan menetapkan kepengurusan baru PSBI periode 2012-2017, mengamandemen AD/ART, menetapkan program lima tahunan dan memberikan laporan pertanggungjawban pengrus priode 2007-2012," katanya.

Selain itu, dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-5 PSBI yang puncaknya pada perayaan Pesta Bolon Simbolon 2012, Panitia HUT melaksanakan beberapa kegiatan yaitu PSBI Cup di Jakarta yang diikuti 19 kesebelan dan PSBI Cup Samosir yang diikuti oleh 16 kesebelasan yang finalnya pada 30 Juni 2012.

Di samping itu, Panitia juga melaksanakan Bakti sosial dan Pameran serta Bazaar yang diselenggarakan di Koridor Senayan-Hotel Sultan yang akan diikuti oleh berbagai perusahaan jasa dan barang serta seluruh pemerintah Kabupaten se-Sumatera Utara yang memamerkan hasil kerajinan tangan dan produk-produk unggulan daerah masing-masing.

Pameran dan Bazaar ini akan berlangsung dari tanggal 1-7 Juli 2012 dimulai jam 10.00 setiap harinya dan akan diramaikan oleh musisi-musisi Batak dan artis Ibukota yang berlangsung dari jam 16.00 hingga jam 21.00.

Pameran dan Bazaar ini diharapkan akan menarik minat para pengusaha dan sponsor serta dikunjungi oleh seluruh masyarakat ibu kota, khususnya masyarakat Batak yang ada di Jabodetabek karena kekhasannya dengan menyediakan musik batak dan makanan batak mulai dari tuak, dan makanan khas batak lainnya.