Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Survei Indikator, Masyarakat Kepri Puas Terhadap Kepemimpinan Isdianto
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 27-03-2020 | 12:04 WIB
survey-isdianto1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Survey kinerja Plt Gubernur Kepri Isdianto. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Batam - Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepulauan Riau (Kepri) sejumlah lembaga survei lokal maupun nasional melakukan penjajakan publik. Selain ingin melihat kecenderungan politik masyarakat terhadap sejumlah kandidat, survei juga sering kali untuk melihat kepuasan terhadap kinerja pemerintah.

Belum lama ini, beredar di masyarakat Kepri hasil penjajakan opini publik lembaga survei Indikator periode 22 Februari - 03 Maret 2020. Salah satu yang menarik perhatian publik adalah respon masyarakat Kepri terhadap kinerja Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto.

Indikator menyebutkan masyarakat Kepri yang mengenal Isdianto menyatakan cukup puas terhadap kinerja Isdianto, dengan perolehan mencapai 58,1 persen. Sedangkan untuk kategori semua responden cukup puas diangka 49,4 persen.

Menanggapi informasi yang beredar di masyarakat, Aktivis Mahasiswa Batam Romli Azhar (24) mengatakan bahwa hasil survei tersebut sesuai dengan kondisi di lapangan. Menurutnya masyarakat Kepri secara umum puas terhadap kinerja Isdianto.

"Hasil survei ini menguatkan apa yang memang dirasakan oleh masyarakat. Meskipun kepemimpinan pak Isdianto terhitung masih relatif pendek, tapi menurut saya sudah banyak yang beliau lakukan untuk kemajuan Kepri," ungkapnya pada awak media dikawasan Batam center, Kamis (26/03).

Kepuasan masyarakat Kepri lanjut Romli, menjadi pertanda bahwa masyarakat menginginkan Isdianto kembali memimpin Kepri.

"Ukurannya kan sederhana, publik merasa puas terhadap kinerja Isdianto, secara otomatis mereka menginginkan Isdianto kembali memimpin Kepri," imbuhnya.

Ditempat berbeda, Analis Politik Kepri Indira Nainggolan mengatakan hal serupa. Menurutnya angka ini dinilai positif, melihat kepemimpinan Isdianto yang masih berumur sembilan bulan menjabat sejak ditetapkan pada 12 Juli 2019 di ruang Sidang Utama, Gedung A, Lantai 3, Kantor Kemendagri RI, Jakarta.

"Angka ini saya kiri bagus yah, apalagi jika menghitung masa kepemimpinan Isdianto menjabat yang baru sembilan bulan pasca ditetapkan sebagai Plt. Gubernur Kepri. Ini menunjukkan selama kepemimpinannya, Isdianto terbukti mengeluarkan kebijakan dan terobosan yang berdampak positif terhadap masyarakat," ungkapnya melalui sambungan telepon.

Lebih jauh, Indira memprediksi hasil survei kepuasan masyarakat ini akan berbanding lurus dengan pilihan politik masyarakat pada Pilgub mendatang.

"Saya kira kepuasan masyarakat akan berbanding lurus dengan pilihan politiknya. Jadi jika masyarakat menyatakan puas terhadap kinerja petahana, kemungkinan besar mereka cenderung akan memilihnya kembali," tukasnya.

"Jika melihat hasil survei beberapa lembaga, saya kira Isdianto akan memenangkan kompetisi Pilgub Kepri tahun ini," pungkasnya.

Editor: Yudha