PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

7 Jenis Teh Ini Bikin Tubuh dan Pikiran Rileks
Oleh : Redaksi
Rabu | 25-03-2020 | 10:28 WIB
teh12.jpg honda-batam
Foto: Istockphoto/OlegKov.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Sistem kerja dari rumah atau work from home dianggap jadi salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona jenis baru (SARS-CoV-2). Tapi cara ini juga tak serta merta jadi solusi di tengah ketidakpastian kondisi terkait virus penyebab Covid-19.

Rasanya, saban hari ada saja masalah yang muncul. Belum kelar soal Covid-19, kendala di tengah work from home mengintai. Kadang soal jaringan internet bermasalah, komunikasi yang tak lancar atau tenggat yang harus disusun ulang.

Sebelum stres bikin suasana makin kacau, sebaiknya Anda menenangkan diri dengan seteguk teh. Berikut beberapa rekomendasi jenis teh untuk merilekskan pikiran dan tubuh.

1. Teh peppermint
Teh peppermint masuk daftar pertama dalam rekomendasi ini. Dari aromanya saja, teh ini bekerja dengan baik untuk mengurangi stres dan meredakan rasa cemas.

Mentol pada peppermint adalah relaksan alami. Saat Anda cemas dan tegang, mentol membantu Anda untuk lebih tenang dan kalem.

Teh ini bisa Anda dapatkan di pasaran dalam bentuk kemasan. Cukup satu sendok makan teh dan tuang dengan sekitar 200 mililiter air panas. Diamkan selama 3-4 menit sebelum disaring dan dinikmati.

2. Teh chamomile
Tanaman chamomile biasa dimanfaatkan bunganya untuk dijadikan teh. Chamomile dikenal sejak lama sebagai teh pereda stres.

Melansir dari Healthline, studi pada 2016 menemukan penggunaan chamomile dalam jangka panjang mengurangi gejala generalized anxiety disorder (GAD) sedang.

Menyiapkan teh chamomile tidak sulit. Cukup rendam 3-4 sendok makan chamomile kering dengan sekitar 200 milliter air panas. Diamkan selama 5 menit.

3. Teh hijau
Teh hijau mengandung polifenol untuk melawan stres dan cemas. Namun di satu sisi, teh ini juga mengandung kafein untuk membuat Anda tetap waspada dan tidak mengantuk.

Studi pada 2017 membuktikan partisipan yang minum teh hijau mengalami kadar stres lebih rendah daripada mereka yang hanya mengonsumsi placebo.

Teh hijau biasanya dipasarkan dalam bentuk serbuk. Rebus setengah sendok makan serbuk teh hijau dalam satu cangkir air. Rebus hingga daun teh tersisa di dasar wadah.

4. Teh ginseng
Mungkin orang hanya menemukan ginseng pada ramuan obat herbal tradisional Korea. Namun ginseng juga hadir dalam bentuk teh.

Pada 2013, studi menunjukkan teh ginseng bisa membantu tubuh melawan efek stres. Studi lain pun membuktikan ginseng bisa mengurangi rasa lelah.

5. Teh mawar
Mawar banyak dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik atau produk perawatan wajah. Rupanya bunga satu ini juga membantu meredakan stres dan cemas. Teh mawar bahkan bisa membantu Anda tidur nyenyak.

Anda bisa membuat teh mawar sendiri dengan memanfaatkan bunga segar atau yang sudah dikeringkan. Untuk kelopak bunga yang sudah dikeringkan, cukup direndam pada air panas.

Sedangkan jika menggunakan kelopak bunga segar, cuci terlebih dahulu lalu masukkan ke dalam air mendidih. Setelah beberapa menit, matikan api dan diamkan selama 5-10 menit hingga kelopak mawar berubah gelap.

6. Teh lemon balm
Lemon balm (Melissa officinalis) merupakan tanaman yang termasuk dalam keluarga mint. Lemon balm memiliki aroma lemon lembut dip adu aroma mint, mampu meredakan stres dan membuat tubuh rileks tanpa membuat ngantuk.

Seduh satu sendok makan lemon balm kering dengan secangkir air panas untuk hasil terbaik.

7. Teh bunga markisa (passion flower)
Teh bunga markisa baik dijadikan obat alami untuk mengatasi stres dan cemas. Bunga ini mengandung komponen anticemas yakni flavone chrysin. Teh bunga markisa juga membantu Anda bisa tidur lebih nyenyak.

Meski alami, sebaiknya Anda menghindari teh bunga markisa jika sedang menjalani pengobatan juga jika sedang hamil atau menyusui.

Keringkan bunga terlebih dahulu. Bunga kering lalu direndam dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama 10 menit.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha