Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rudi Tegaskan Pasien Kedua Positif Covid-19 di Batam Bukan Warga Kepri
Oleh : Putra Gema
Jum\'at | 20-03-2020 | 19:52 WIB
corona-kedua-btm.jpg Honda-Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat mengumumkan pasien kedua terinfeksi Covid-19 di Kota Batam, Jumat (20/3/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satu orang kembali ditetapakan positif terjangkit Covid-19 (Corona) di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Dia (pasien) adalah tamu atau pendatang, bukan warga Kepri," kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, saat konfrensi pers di kantornya, Jumat (20/3/2020).

Rudi menjelaskan, laki-laki (32) ini memiliki riwayat perjalanan yang panjang sebelum kembali ke Kota Batam. Yang bersangkutan memiliki riwayat perjalanan Singapura, Malaysia dan Paris.

Rudi menceritakan, berdasarkan hasil penelusuran yang bersangkutan memiliki riyawat perjalanan yaitu pada tanggal 25 Februari dia ke Malaysia dari daerah asalnya. Di Malayasia pria itu menetap hingga tanggal 1 Maret 2020.

Selanjutnya, pria itu menuju ibukota Prancis, Paris sampai 12 Maret 2020. "Ketika di Paris dia kontak langsung dengan temannya yang saat itu demam, batuk dan pilek," kata Rudi.

Setelah itu, dari Paris pada tanggal 12 Maret yang bersangkutan kembali ke Singapura menggunakan penerbangan Air France dan tiba di Bandar Udara Internasional Changi Singapura pada 13 Maret 2020.

"Setelah itu, pada tanggal yang sama yang bersangkutan pulang ke Indonesia dari HarbourFront Singapura menuju Pelabuhan Internasional Sekupang, Kota Batam. Dia meggunakan kapal feri," ujarnya.

Pria itu sampai di Pelabuhan Sekupang pada pukul 18.40 WIB, dan dia melanjutkan perjalanan ke Apartemen di Kawasan Batam Center menggunakan taksi plat hitam. "Dari pengakuan pasien, yang bersangkutan merasakan gejala sudah sejak di Paris. Yaitu awalnya dia merasakan gangguan tenggorokan," ungkapnya.

Pada 14 Maret, pria itu merasakan tidak enak badan demam dan batuk, ia kemudian berobat ke rumah sakit terdekat. Setelah dilakukan pemeriksaan, hasilnya mengarah ke suspect Covid-19 dan pasien pun langsung dirujuk ke rumah sakit BP Batam untuk menjalani perawatan intensif di ruang isolasi.

"Setelah dilakukan penanganan oleh tim medis, kondisi kesehatan yang bersangkutan membaik. Setelah itu dilakukan pemeriksaan kepada SWAP pria tersebut dan pada hari ini diperoleh hasilnya positif corona virus," tegasnya.

Saat ini lanjut Rudi, sudah dilakukan penelusuran kepada orang yang pernah kontak dengan pasien tersebut. Sebanyak 131 orang terdiri dari penumpang kapal dan kru akan dilakuakn pemantuan.

Dengan adanya pasien positif ini, di Kota Batam telah terdapat 2 pasien positif Covid-19 yakni masyarakat Kota Batam perempuan (51) yang saat ini diisolasi di RSUD Embung Fatimah dan laki-laki (32) yang diisolasi di RSBP Batam.

Editor: Gokli