Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

7 Peziarah WNI di India Positif Virus Corona
Oleh : Redaksi
Kamis | 19-03-2020 | 09:28 WIB
ilustrasi-virus-corona136.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Tujuh warga Indonesia dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Negara Bagian Telangana, India, Kamis (19/3/2020).

Pemerintah daerah Telangana menuturkan ketujuh WNI itu dinyatakan positif Covid-19 pada Rabu (18/3/2020) setelah sempat dikarantina di rumah sakit dan menjalani tes sejak dua hari sebelumnya.

Pihak berwenang menuturkan ketujuh WNI itu berasal dari kelompok peziarah. Kementerian Luar Negeri RI membenarkan kabar tersebut.

"Betul (tujuh WNI positif corona di India)," kata pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah.

Meski begitu, Faizasyah belum bisa memastikan bagaimana riwayat perjalanan ketujuh WNI.

Ketujuh pasien ini menambah jumlah kasus corona di Telangana menjadi 13 kasus dengan 12 kasus aktif. Satu pasien dinyatakan sembuh setelah menjalani karantina mandiri.

Dikutip dari India Today, sembilan dari 12 pasien Covid-19 yang masih dirawat merupakan warga negara asing. Delapan diantaranya merupakan WNI dan satu lasin lain merupakan warga asing yang berasal dari India.

Sebelumnya, pada Senin pekan ini ada 10 WNI dan tiga warga India di Kota Karimnagar dievakuasi pihak berwenang ke Rumah Sakit Gandhi setelah dicurigai terinfeksi virus corona.

Petugas medis dan kesehatan distrik Karimnagar, dokter G Sujatha, menuturkan belasan orang itu dievakuasi ke rumah sakit setelah salah satu WNI menunjukkan gejala terinfeksi virus corona.

10 WNI tersebut merupakan anggota organisasi Islam. Mereka melakukan perjalanan dari New Delhi dan tiba di Karimnagar sejak Sabtu akhir pekan lalu.

Pejabat kepolisian Karimnagar menuturkan sepuluh WNI itu tinggal di sebuah masjid selama berada di distrik tersebut. Rombongan WNI itu dikabarkan didampingi oleh tiga warga India.

Hingga hari ini, India mencatat memiliki 169 kasus positif corona dengan tiga kematian.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha