Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lion Air Sterilisasi Seluruh Pesawat untuk Jamin Keamanan dan Keselamatan Penumpang
Oleh : Irawan
Rabu | 18-03-2020 | 15:52 WIB
lion_air_sterilisasi1.jpg Honda-Batam
Lion Air melakukan sterilisasi kabin pesawat (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Maskapai Lion Air melakukan sterilisasi semua pesawat yang beroperasi sebagai bentuk pengawasan kesehatan dan pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, tindakan ini sesuai dengan kebijakan regulator dan standar penerbangan internasional dan prosesnya diawasi oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno-Hatta (KKP) yang berada di bawah Kementerian Kesehatan.

"Momen hari ini adalah bagian Lion Air memastikan kesehatan, keamanan penerbangan, dilakukan dengan disinfektan spray," katanya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (17/3/2020).

Danang menjelaskan, proses sterilisasi sebenarnya merupakan bagian dari standar operasional penerbangan dan proses disinfeksi unit pesawat sesuai dengan prosedur internasional. Sehingga, proses sterilisasi tidak hanya dilakukan ketika virus corona tengah merebak.

"Penyemprotan tidak hanya dilakukan karena wabah corona. Sebelumnya sudah dilakukan membasmi serangga, kuman, dan bakteri. Dan setiap hari setelah pesawat menjalankan rangkaian rotasi atau terbang," tutur Danang.

Lion Air mendemonstrasikan proses disinfeksi pada Lion Air Boeing 737-800NG di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten dengan cara menyemprotkan cairan disinfektan yang meliputi bagian kabin, kokpit dan kompartemen kargo di bawah pesawat.

Sterilisasi pesawat adalah kebijakan proaktif yang diadopsi oleh Lion Air dan Lion Air Group sebagai langkah pencegahan dalam menghadapi wabah novel coronavirus (Covid-19) yang melanda dunia, termasuk Indonesia.

Pelaksanaan disinfeksi pesawat adalah langkah inisiatif terbaru dari Lion Air selain langkah-langkah yang sebelumnya sudah diterapkan untuk melindungi awak pesawat dan personel layanan darat (ground handling).

Misalnya pemeriksaan suhu badan wajib terhadap semua personel layanan darat dan kru penerbangan yang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum diizinkan melakukan penerbangan. Selain itu, peralatan kesehatan seperti masker dan pembersih tangan juga tersedia di pesawat

"Seluruh rangkaian operasional dijalankan sesuai standar operasional prosedur," katanya.

Danang pun memastikan, kru pesawat Lion Air sudah dilatih secara khusus untuk memantau penumpang yang berpotensi terindikasi virus corona namun berhasil melewati pengecekan suhu tubuh.

"Awak kabin itu sudah dilatih dari berbagai aspek. Konteksnya disini profiling. Mengenal gerak-gerik penumpang. Ground staff juga diatih mengenali orang sehat dan tidak sehat," ucapnya.

Lion Air juga mengambil peran untuk mendorong kesadaran kesehatan masyarakat dengan kampanye salam alternatif diantaranya melakukan sapaan 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).

Editor: Surya