Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Usai dari Malaysia, Seorang Warga Tanjungpinang Positif Covid-19
Oleh : Putra Gema
Selasa | 17-03-2020 | 16:52 WIB
Covid19-TPI-BTD.jpg Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Seorang warga Tanjungpinang, Kepri ditetapkan positif terinfeksi Covid-19 (Corona) setelah berkunjung ke Malaysia.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau (Kepri), Tjetjep mengungkapkan, satu lansia laki-laki (75) positif terinfeksi setelah berangkat dari Malaysia, Kamis (5/3/2020).

"Saat di Malaysia, yang bersangkutan memeriksa kesehatannya ke dokter spesialis dan tidak terpenyakit tidak ada kaitan dengan Covid-19. Beliau dinyatakan mengalami darah tinggi," kata Tjetjep melalui telepon selulernya, Selasa (17/3/2020).

Setelah itu, masih kata Tjetjep yang bersangkutan kembali ke Tanjungpinang dan mulai mengalami gejala batuk, pilek dan mual-mual. "10 Maret beliau berobat ke doktor di Tanjungpinang dan kondisi semakin menurun. Hal tersebut membuat dirinya ke rumah sakit," ujarnya.

Pada 13 Maret 2020, beliau ke RS dan diambil samplenya untuk dikirimkan ke Jakarta dan telah dinyatakan positif terinfeksi virus Covid-19. "Sejak kemarin kami sudah mengambil langkah-langkah, keluaga sudah kita tracking 20 orang dan sudah diisolasi di guest house RSUD Raja Ahmad Tabib," tegasnya.

Dilanjutkannya, ini langkah yang sudah pihaknya lakukan dan terus akan dikembangkan. Karena, tidak menutup kemungkinan terdapat orang lain yang menjalin kontak dengan yang bersangkutan.

"Kita minta dukungan melalui Polda, mohon dukungan masyarakat. Kalau merasa ada hubungan dekat, diharapkan untuk melapor. Kita akan lakukan observasi, dan mudah-mudahan ini tidak melebar," tegasnya.

Editor: Gokli