Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kementerian PUPR Kucurkan Rp 400 M untuk Pembangunan RS Penyakit Menular di Galang
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 09-03-2020 | 19:52 WIB
basuki-galang.jpg Honda-Batam
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat meninjau proses pembangunan RS Khusus Penyakit Menular di Galang, Kota Batam, Senin (9/3/2020). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengucurkan dana sekitar Rp 400 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit penyakit menular di Camp Vietnam, Kecamatan Galang, Kota Batam.

"Anggaran yang disiapkan hitung-hitungan kami sekitar Rp 400 miliar. Pembuangan penampungan observasi dan ruang isolasi di Camp Vietnam lebih baik, ketimbang harus mengeluarkan dana per rumah sakit di Indonesia," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, Senin (9/3/2020).

Basuki mengatakan lokasi penampungan ini nantinya untuk seluruh penyakit menular yang merambah ke masyarakat Indonesia. Rencana pembangunan akan memakan waktu selama 3 minggu ke depan.

"Untuk penyediaan air kita ambil dari Rempang 5 liter per detik. Listrik 1 sampai 2 hari akan masuk. Dan Untuk pengendalian sampah kami akan buat IPAL pengelolaan air limbah. Kami harus berkerjasama dengan KLHK karena harus memenuhi standar," ujarnya.

Kementerian PUPR menunjuk PT Waskita dan PT Wika sebagai pelaksanaan pengerjaan proyek pembangunan penampungan penyakit menular. "Intinya kami siap dengan target 3 minggu. Mudah-Mudahan akhir Maret bisa beroprasi," pungkasnya.

Editor: Gokli