PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Biduan Hibur 959 Warga Binaan di Rutan Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Sabtu | 29-02-2020 | 17:16 WIB
1-lawan-4.jpg honda-batam
Satu dari empat biduan saat menghibur rutasan warga binaan di Rutan Batam, Sabtu (29/2/2020). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Suasana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Batam, Jalan Trans Barelang berbeda dari hari bisanya. Para tahanan yang bisanya beraktivitas di dalam kamar, pada Sabtu (29/02/2020) pagi kedatangan empat orang biduan.

Empat orang biduan ini sengaja didatangkan Rutan Batam guna menghibur para tahanan yang rutin dilakukan selama 3 - 4 bulan satu kali. Kegiatan ini bertajuk panggung hiburan dalam rangka reklasional kepada warga binaan.

"Reklasional ini sudah diatur dalam UUD tentang hak dan kewajiban warga binaan. Hampir 90 persen warga binaan mengusulkan panggung hiburan," ujar Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas II A Batam, Yan Patmos.

Yan Patmos mengatakan, penggung hiburan sifatnya pelayanan dan pembinaan Rutan dalam memberikan hak dan kewajiban. Selain hak perawatan makan dan kesehatan.

"Karena tahanan ini masih memiliki status terduga tak bersalah. Saat ini ada 959 warga binana dan kegiatan ini kita libatkan pihak kepolisian dalam pengamananya," jelasnya.

Selain mengadakan panggung hiburan, Rutan juga sering menggelar senam, olahraga, dan kegiatan kerohanian. Agar para warga binaan tetap sehat, meskipun berada di lembaga kemasyarakatan.

"Dari 959 warga binaan saat ini, tidak ada yang dirawat di rumah sakit atau klinik Rutan. Dalam waktu dekat kita akan mengadakan pelatihan dan pendampingan menembak laras pendek dan panjang di Markas Brimob Polda Kepri," tutupnya.

Sementara itu, salah satu tahanan kasus 303, Adi merasa senang dengan digelarnya panggung hiburan di Rutan. Ia menilai kegiatan ini sangat positif dalam menghadapi masa tahanan.

"Ini biar kami tidak jenuh, kami warga binana juga butuh hiburan seperti ini yang dapat mengurangi tingkat stres," kata Adi.

Editor: Gokli