Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

3 Orang JCH Kota Batam Minta Penundaan Keberangkatan Haji
Oleh : Aldy Daeng
Selasa | 07-05-2024 | 17:56 WIB
JCH1.jpg Honda-Batam
Data Kemenag Batam, 3 dari 734 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Batam menunda keberangkatan ke Tanah Suci. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menyebutkan bahwa dari 734 Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Batam, sebanyak 3 orang menunda keberangkatannya ke tanah suci dengan berbagai alasan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain, mengatakan pada musim haji tahun ini sebanyak 731 calon haji dipastikan berangkat melalui Embarkasi Hang Nadim Batam.

"Sebenarnya 734 jemaah. Namun, menjelang keberangkatan ada tiga orang yang minta penundaan," ungkap Zulkarnain.

Dijelaskannya, adapun alasan ketiganya itu berbeda-beda, diantaranya karena suami istri yang tidak satu kuota keberangkatan, ada juga yang sedang sakit dan ingin fokus untuk pengobatannya. "Jadi total yang siap untuk kita berangkatkan sebanyak 731 jamaah," jelas Zulkarnain.

Zulkarnain menyebutkan, 731 calon haji tersebut terbagi dalam tiga kloter keberangkatan, pada yaitu kloter 1, kloter 2 dan kloter 15. Yang tergabung dalam kloter satu dijadwalkan berangkat pada tanggal 12 Mei 2024, sebanyak 93 calon haji dari Batam, bergabung dengan jamaah Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Natuna.

Untuk kloter dua, sebanyak 225 calon haji asal Batam berangkat pada 13 Mei 2024, bergabung dengan Kabupaten Karimun dan Kabupaten Anambas.

"Dan full dari Batam, satu kloter penuh itu adalah kloter 15 ada di gelombang kedua, akan kita berangkatkan pada tanggal 27 Mei," kata Zulkarnain.

Ia menambahkan, pada keberangkatan haji tahun ini, calon haji tertua dengan usia 93 tahun dan yang termuda 18 tahun. 65 persen dari total calon jamaah haji dengan rentan usia 45 - 55 tahun.

"Jadi cukup banyak yang masih muda-muda ya. Dan yang lansia sebanyak 10 persen atau sekitar 70-an orang," pungkas Zulkarnain.

Editor: Yudha