PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pertumbuhan Ekonomi di Anambas Paling Kecil se-Kepri
Oleh : Fredy Silalahi
Jumat | 28-02-2020 | 18:52 WIB
bps-anambas1.jpg honda-batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Anambas - Pertumbuhan ekonomi di Anambas masih didominasi sektor pertambangan dan penggalian, dengan kontribusi sebesar 82,99 persen pada tahun 2019.

Ini diketahui saat Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Anambas, Donny Canyo Wibowo, yang menggelar press release di Aula Lantai III Sekretariat Pemkab Anambas, Jumat (28/2/2020).

"Yang kita kenal PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) itu jumlah nilai tambah seluruh usaha ekonomi di sektor pertanian, pertambangan, industri, dan perdagangan. Dari sektor keseluruhan itu kita bisa mengetahui nilai PDRB suatu daerah," ujar Donny.

Donny menguraikan, gairah perekonomian Kepulauan Anambas sangat tinggi di bidang pertambangan dan penggalian yang mencapai 82,99 persen. Hal tersebut berbanding terbalik dari sektor pertanian dan perikanan yang hanya tembus angka 5 persen.

"Pertumbuhan ekonomi Anambas sangat kecil se-Provinsi Kepri," terangnya.

Dari data tersebut dapat dikatakan pertumbuhan ekonomi Kepulauan Anambas pada tahun 2019 sebesar 0,13 persen bila dibandingkan dengan tahun 2018.

Menurut BPS, sebagian besar kategori lapangan usaha mengalami pertumbuhan kecuali pertambangan dan penggalian sebesar 1,13 persen. Dalam lingkup regional, PDRB Kabupaten Kepulauan Anambas 2019 memberikan kontribusi sebesar 6,63 persen terhadap PDRB Provinsi Kepulauan Riau, menempati posisi kelima dari tujuh kabupaten/kota di Kepri.

"Sebagai wilayah Kepulauan dan kelautan, Anambas harus meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor pertanian dan perikanan. Karena sektor ekonomi persentasenya hanya 5 persen menurut lapangan usaha distribusi PDRB," ucapnya.

Editor: Gokli