Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Terima Bakal Calon 53 Kepala Daerah di Sumatera 1

Target Menang di Pilkada 2020, DPP Golkar Seleksi Ketat Kandidat yang akan Diusung
Oleh : Irawan
Kamis | 27-02-2020 | 08:42 WIB
idris_survei_1.jpg Honda-Batam
Ketua Pemenangan Pemilu Sumatera 1 DPP Partai Golkar Idris Laena menyerahkan 53 nama calon kepala daerah ke lembaga survei untuk disurvei

BATAMTODAY.COM, Jakarta - DPP Partai Golkar menargetkan untuk memenangkan Pilkada serentak 2020, minimal 60 persen dari 270 daerah yang menggelar Pilkada, baik provinsi, kabupaten dan kota.

"Untuk mewujudkan harapan tersebut, Partai Golkar harus melaksanakan seleksi yang ketat untuk menetapkan calonnya," kata Ketua Pemenangan Pemilu Sumatera 1 DPP Partai Golkar HM. Idris Laena di Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Namun demikian ulas Idris Laena, Partai Golkar tetap memberi ruang seluasnya kepada kader dan bakal calon lainnya untuk berkompetisi mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar.

"Kader dan Bakal Calon lainnya diberi ruang seluasnya untuk berkompetisi untuk mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar," ujarnya.

Dijelaskan Idris Laena, pengaturan tentang seleksi jabatan publik di Partai Golkar diatur dalam AD/ART, khususnya pada Anggaran Rumah Tangga Pasal 11 Ayat 4, yang menyatakan bahwa tahapannya meliputi: Tahap Pendaftaran-dan Tahap Penjaringan Serta Tahap Penetapan.

Penetapan lebih Lanjut, telah diatur dalam Juklak No 3 DPP Partai Golkar bahwa Pada Tahap Pendaftaran, Golkar memberi kesempatan kepada bakal calon (balon) kepala daerah, terutama Kader untuk mendaftar melalui DPD 2 masing-masing daerah.

Setelah itu semua nama yang sudah dijaring oleh DPD Golkar Provinsi akan di review menjadi 3 sampai 5 orang bakal calon yang akan diusulkan ke DPP Golkar.

Idris mengungkapkan, pihaknya sudah menerima bakal calon (balon) kepala daerah dari 53 daerah di Sumatera 1 yang akan menyelenggarakan Pilkada tahun ini. Wilayah Sumatera 1 meliputi Aceh-Sumut-Riau-Kepri dan Sumbar.

"Dibawah arahan Wakil Ketua umum Pemenangan Pemilu DPP Golkar Ahmad Doli Kurnia, kami telah menerima hasil penjaringan calon kepala daerah untuk 53 daerah yang akan menyelenggaran Pilkada 2020 ini," ungkap Idris Laena yang juga Ketua Fraksi MPR itu.

Kemudian jelas Idris, nama balon itu akan disurvei melalui Lembaga Survey Independent yang telah ditetapkan DPP Golkar.

"Sedangkan penetapan akhir calon kepala daerah akan ditetapkan oleh Tim Seleksi DPP Partai Golkar yang dipimpin lansung oleh Ketua umum DPP Golkar Airlangga Hartarto," kata Idris Laena dan menambahkan bahwa Ketua Umum melalui Juklak No 4 tentang Tata Kerja, punya hak Diskreasi.

Seperti diketahui bahwa Tahun 2020 ini Indonesia kembali akan mengadakan Perhelatan Besar Pilkada Serentak 2020 dilakukan di 270 Daerah dengan Perincian 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.

Editor: Surya