PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warga Desa Buluh Patah Karimun Dambakan Pelabuhan
Oleh : Freddy
Senin | 24-02-2020 | 18:52 WIB
Samsul-karimun.jpg honda-batam
Samsul, anggota DPRD Karimun dari Dapil Moro-Durai. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Desa Buluh Patah, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, merupakan 1 dari 42 desa yang ada di Kabupaten Karimun. Namun desa yang memiliki potensi wisata ini masih minim pembangunan, salah satunya pelabuhan yang sangat didambakan masyarakat di desa itu.

Samsul, anggota DPRD Karimun dari Dapil Moro-Durai, mengatakan, Desa Buluh Patah merupakan salah satu desa yang belum banyak tersentuh dengan pembangunan. Salah satu yang sangat didambakan masyarakat di Desa Buluh Patah, katanya, yakni pelabuhan.

"Kalau soal usulan pembangunan, sudah berulang kali Pemerintah Desa maupun masyarakat desa mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Karimun agar dibangun pelabuhan beton sebagai penunjang transportasi dari dan ke Desa Buluh Patah," ujar Politisi Golkar itu, Senin (24/2/2020).

Ia mengakui, Desa Buluh Patah meskipun jarang terdengar namanya, namun desa tersebut memiliki potensi sumber daya alam yang besar, salah satu yang ikut memberikan kontribusi bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karimun dari sektor penambangan pasir darat dan lainnya.

Ditambahkan Samsul, paling tidak Pemerintah Kabupaten Karimun bisa mewujudkan pembangunan pelabuhan dermaga yang sudah cukup lama didambakan masyarakat desa tersebut.

Sebagai anggota DPRD dari Dapil Moro-Durai, kata Samsul, dirinya merasa perihatin dikarenakan hingga kini belum juga direalisasi apa yang diminta oleh masyarakat dan berupaya agar Desa Buluh Patah dapat tersentuh pembangunan yang prioritas seperti dermaga.

"Paling tidak pembangunan pelabuhan dermaga di Desa Buluh Patah dapat segera direalisasikan dan kalau bisa disusul pembangunan infrastruktur lainnya," harap Samsul.

Sementara Kepala Desa Buluh Patah, Syahrudi mengatakan, untuk pelabuhan kemungkinan besar akan dibangun Pemerintah Kabupaten Karimun pada tahun ini. "Mudah-mudahan, pelabuhan di Desa Buluh Patah dapat direalisasikan pembangunannya pada tahun ini. Selain pelabuhan yang akan dibangun, ada juga pembangunan mesjid," beber Syahrudi.

Suwedi, Kepala Badan PMD Kabupaten Karimun mengatakan, Desa Buluh Patah salah satu desa yang masuk wilayah Kecamatan Moro. Di Kabupaten Karimun ini ada sebanyak 42 desa dan Desa Buluh Patah salah satunya.

Ketika ditanya, apakah Desa Buluh Patah ini termasuk dalam katagori desa yang maju, tertinggal atau desa berkembang? Suwedi mengatakan dirinya kurang tahu pasti karena data soal itu ada pada Pak Fidias. "Saya kurang pasti dan seingatnya memang ada indikator pada setiap desa, namun untuk Desa Buluh Patah memang saya tak ingat pasti masuk dalam katagori desa apa," tutup Suwedi.

Editor: Gokli