Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kasus Virus Corona Capai 79.930, Korban Meninggal 2.465 Jiwa
Oleh : Redaksi
Senin | 24-02-2020 | 08:40 WIB
corona-wuhan19.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Penanganan medis korban virus corona di Wuhan China.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Korban meninggal karena wabah virus corona hingga Senin (24/2/2020) di seluruh dunia mencapai 2.465 jiwa dengan 20 kematian diantaranya dilaporkan dari luar China daratan. Sementara kasus infeksi virus corona mencapai lebih dari 79.930.

Sejauh ini, lebih dari 1.700 dokter dan suster yang ikut merawat pasien dilaporkan terinfeksi corona, dengan 10 diantaranya dinyatakan meninggal dunia.

Selama akhir pekan, Korea Selatan mencatat lonjakan wabah penyebaran corona hingga melebihi 600. Sekitar setengahnya merupakan jemaat gereja Shincheonji di kota Daegu.

Mengutip CNN, total kematian terbanyak di Asia sejauh ini berasal dari Italia dengan tiga korban jiwa dari 132 kasus. Sedangkan total kematian akibat Covid-19 di Iran tercatat delapan orang dari 43 kasus positif corona.

Penyebaran virus corona yang kian massif membuat Presiden China, Xi Jinping memasukkan epidemi ini sebagai kondisi darurat kesehatan dalam sejarah Republik Rakyat China.

Dikutip dari AFP, Xi mengatakan sejak RRC berdiri pada 1949 belum ada darurat kesehatan sebesar penyebaran wabah corona.

"Ini krisis bagi kami dan ini adalah ujian besar," kata Xi, Minggu dalam sambutan yang disiarkan televisi pemerintah.

Lihat juga: Khawatir Virus Corona, Pakistan Tutup Perbatasan dengan Iran
Xi mengatakan China harus terus belajar dari kekurangan yang ada dalam merespons merebaknya penyebaran virus corona. Salah satu respons yang dimaksud yakni koordinasi dalam memerangi penyebaran virus tersebut.

Xi melontarkan komentar ini ketika Korea Selatan menyatakan pihaknya meningkatkan kewaspadaan ke level tertinggi, setelah jumlah infeksi naik hampir tiga kali lipat selama akhir pekan menjadi 602 kasus.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha