PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

LIRA Desak Wali Kota Copot Kadishub Batam
Oleh : Hadli
Rabu | 19-02-2020 | 17:04 WIB
aksa-halatu-LIRA.jpg honda-batam
Wali Kota LSM LIRA, Aksa Halatu. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Desekan terhadap Wali Kota Batam HM. Rudi untuk mencopot jabatan Rustam sebagai Kepala Dinas Perhubungan semakin menggelinding di tengah masyarakat.

Alasannya, Rustam dinai tidak mampu mengurus angkutan umum bus Dapur 12 alias Bimbar, yang kerap ugal-ugalan hingga memicu kecelakaan yang merenggut nyawa korban.

Wali Kota LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Batam, Aksi Halatu, salah satunya. Dia meminta Wali Kota Batam HM Rudi mengambil sikap tegas dengan mencopot Rustam, karena telah terbukti tidak mampu mengurus sarana angkutan umum di Batam, khususnya Bimbar.

Seperti kecelakaan maut yang menewaskan pengemudi sopeda motor, Sri Wahyuni berserta korban luka lainnya, baru-baru ini, berimbas pada citra HM. Rudi sebagai Wali Kota Batam.

"Kami berpendapat, bahwa Kota Batam semenjak dipimpin HM. Rudi sangat berhasil dari segi pembangunan dan sumber daya manusia," ujarnya kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (18/02/2020).

LIRA, kata Aksa, adalah LSM yang mendukung penuh kenerja pemerintah dan mendukung Wali Kota Batam untuk terpilih di priode berikutnya. "Jangan gara-gara seorang Rustam semua bisa jadi runyam. Apalagi, Rustam memiliki catatan kelam. Kami tidak mau gara-gara Rustam, Wali Kota kita jadi imbasnya," tutur dia.

Sebelum jabatan Kadishub Kota Batam dialihkan kepada orang yang tepat. LIRA, kata Aksa, akan mengambil sikap dengan turun di jalan melakukan aksi damai.

"LIRA akan segera mengirim surat ke Intelkam dan DPRD untuk dilakukan gerakan demo menuntut Rustam dicopot," kata dia.

Sebagaimana diketahui, tidak hanya persoalan bus Bimbar yang menakutkan warga Batam atas keugalan dalam mengemudi. Keributan berujung terjadinya bentrok juga sudah kerap terjadi antara Ojol dan taksi pangkalan.

Keributan ini jelas telah mengganggu Kambtibnas yang tidak dapat diselesaikan Rustam sebagai Kadishub Kota Batam. Nama baik Batam hancur wisatawan kabur.

Editor: Gokli