Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dalmasri Apresiasi Petani Tomat di Kampung Sungai Jeram Bintan Utara
Oleh : Harjo
Senin | 10-02-2020 | 18:40 WIB
tomat-sei-jeram.jpg Honda-Batam
Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam saat meninjau lahan pertanian tomat di Kampung Sungai Jeram, Senin (10/2/2020). (Foto: Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Wakil Bupati Dalmasri Syam, meninjau lahan pertanian di Kampung Sungai Jeram, Lancang Kuning, Bintan Utara, Senin (10/2/2020).

Minson, petani yang berhasil menanam tomat mengatakan, sampai saat ini dirinya sudah menghabiskan modal sendiri untuk melakukan uji coba menanam tomat sampai dengan panen sekitar Rp 8,6 juta.

"Mulai dari pembelian bibit sampai pupuk kandang, hingga panen modal sendiri. Lahan seluas setengah hektar, saat panen sekitar 50 persen sudah menghasilkan sekitar 6 ton," ungkapnya.

Ke depan Misnon, berharap agar pemerintah bisa membantu memasarkan hasil panen tomat petani yang ada di Kampung Sei Jeram khususnya dan Bintan umumnya.

Sementara itu, Dalmasri Syam mengapresiasi petani di Sei Jeram, Desa Lancang Kuning yang sudah berhasil menanam tomat. Karena sejauh ini masih didatangkan dari luar Bintan, di antaranya dari Sumatera dan Pulau Jawa.

"Petani lokal di Kampung Sei Jeram, dapat terus mengembangkan tanaman tomat. Sehingga hasilnya bisa dipasarkan setidaknya mencukupi kebutuhan pasar lokal," harapnya.

Dalamasri, mengatakan melalui wadah petani misalkan KNTA bisa membuka lapak di pasar, sehingga hasil pertanian dari petani lokal dapat dipasarkan langsung ke pasar. Karena dengan salah satu cara itu, bisa meningkatkan kesejahteraan para petani.

"Kita siap mendukung pertanian di Bintan, karena Bintan memiliki potensi yang besar akan bidang pertanian," imbuhnya.

Editor: Gokli