Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Saran untuk Shin Tae Yong
Oleh : Opini
Selasa | 04-02-2020 | 14:41 WIB
pelatih-timnas-sin-the-yong.jpg Honda-Batam
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong saat melatih para pemain Garuda. (Foto: Ist)

Oleh Mubdi Tio Thareq

PELATIHN baru tim nasional sepak bola Indonesia, Shin Tae Yong, telah berusaha untuk membangun dan tim yang tidak terkalahkan untuk tim Indonesia.

Mantan pelatih Korea Selatan di Piala Dunia 2018 telah memilih 28 pemain tim nasional berusia di bawah 19 tahun dan melatih mereka di Thailand.

Dari hasil pertandingan frienship dengan 5 klub Korea Selatan, Indonesia telah mengalahkan empat kali. Media massa Vietnam telah meremehkan tim Indonesia selama pertandingan, tetapi mereka lupa jika U19 Indonesia dikalahkan oleh klub sepak bola senior dan profesional Korea Selatan.

Dari berita media Vietnam, kita dapat melihat bahwa Vietnam telah mengkhawatirkan kemajuan tim Indonesia karena Vietnam tahu bahwa Indonesia akan menjadi tantangan mereka berikutnya.

Shin Tae Yong juga telah melatih tim senior Indonesia, tim U23 hingga tim U16. Kami percaya Shin Tae Yong dapat menciptakan dan membangun tim sepak bola nasional yang kuat untuk Indonesia di semua tingkatan umur.

Saya percaya kualitas pembinaan dari Shin Tae Yong akan lebih baik daripada tim pelatih Indonesia sebelumnya.

Klub sepak bola Indonesia, PSSI dan pemerintah Indonesia harus mendukung Shin Tae Yong. Paradigma pembinaan Indonesia akan berubah berdasarkan metode Tae Yong. Shin Tae Yong akan memilih pemain sepak bola Indonesia terbaik di tim nasional Indonesia tanpa diskresi dan intervensi.

Saya menyarankan Shin Tae Yong harus meluangkan waktu pelatihan untuk tim senior Indonesia yang akan bertemu dengan Thailand dan UEA di kualifikasi piala dunia.
Indonesia harus menang ketika bertemu dengan Thailand, UEA dan Vietnam untuk mendapat kesempatan bergabung dalam kualifikasi piala Asia berikutnya.

Karena itu, saya menyarankan kepada Shin Tae Yong untuk memilih beberapa pemain sepak bola Indonesia seperti Otavio Dutra, Fabio Beltrame, Victor Igbonefo, Piere Bio Pauline, Marc Anthony Klok, Esteban Vizcarra, Osas Saha, Amiruddin Bagus Kahfi, Ilija Spasojevic, Silvio Escobar, dll untuk tim senior.

Karena mereka memiliki stamina daya tahan yang kuat sebagai salah satu syarat yang ingin memenuhi setiap pemain jika mereka ingin bermain di tim nasional di bawah Shin Tae Yong.

Mari kita lihat kembalinya tim nasional Indonesia yang tak terkalahkan berikutnya. Semoga.*

Penulis adalah komentator sepakbola