Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Evakuasi WNI Dari Wuhan

Pertamina Pastikan Stok Avtur di Batam dan Ranai Aman
Oleh : Putra
Minggu | 02-02-2020 | 15:05 WIB
pesawaT-au_ke_natuna3.jpg Honda-Batam
Tiga pesawat TNI AU yang disiapkan untuk membawa WNI dari Wuhan ke Natuna untuk proses observasi (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pertamina pastikan stok bahan bakar avtur di Kota Batam dan Ranai aman dalam proses evakuasi 238 WNI dari Wuhan, China.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina MOR I, Roby Hervindo mengatakan, stok avtur di DPPU Hang Nadim Batam dan DPPU Ranai Natuna dilaporkan aman, meski ada aktivias evakuasi.

"Jumlah stok yang tersedia di DPPU Hang Nadim mampu memenuhi kebutuhan maskapai hingga hampir 17 hari ke depan. DPPU Ranai bahkan memiliki stok hingga 165 hari ke depan," kata Roby, Minggu (2/2/2020).

Ia mengungkapkan, dalam penyaluran bahan bakar tersebut, pekerja Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina gunakan alat pelindung diri (APD) standar, dan juga dilengkapi alat kesehatan tambahan.


"Pekerja DPPU Hang Nadim pada Sabtu (01/02) malam, telah melakukan pengisian ulang avtur ke pesawat Boeing 737 TNI AU. Tak kurang dari 2.500 liter avtur dipompakan ke badan pesawat yang membawa WNI dari Batam ke Natuna," kata Roby, Minggu (2/2/2020).

Dijelaskannya, pesawat Batik Air Airbus A330 yang membawa 238 WNI tiba di bandara Hang Nadim. Pekerja DPPU tidak melakukan pengisian ulang avtur ke pesawat tersebut seperti yang biasa dilakukan. Sebab pesawat langsung memasuki area karantina.

Sebelum bertugas, para pekerja DPPU telah mendapat sesi safety talk khusus, petugas medikal Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memberikan briefing untuk meningkatkan kewaspadaan pekerja.

"Dengan kewaspadaan tersebut, mereka dilengkapi masker dan diarahkan untuk mencuci tangan dengan antiseptik setiap selesai beraktifitas," ungkapnya.

Editor: Surya