Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Garuda Tingkatkan Pengawasan Penerbangan Internasional Antisipasi Penyebaran Virus Corona
Oleh : Redaksi
Minggu | 26-01-2020 | 14:04 WIB
irfan_setiaputra_tempo11.jpg Honda-Batam
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra (Foto: Tempo)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Maskapai Garuda Indonesia mengantisipasi tersebarnya virus corona melalui penerbangan yang dioperasikannya. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan sudah meningkatkan pengawasan penerbangan internasional

"Kami telah meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah layanan penerbangan yang beroperasi di sejumlah rute internasional yang rawan atas penyebaran virus tersebut bekerjasama dengan otoritas kesehatan dan layanan kebandarudaraan setempat," kata Irfan dalam keteranganya, Sabtu (25/1/2020).

Dia menegaskan saat ini Garuda Indonesia tidak memiliki rute penerbangan dari dan menuju Wuhan dimana warga di lokssi tersebut terjangkit virus Corona. Meskipun begitu, Irfan memastikan Garuda Indonesia turut meningkatkan pengawasan bersama otoritas bandara setempat dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Indonesia khususnya di terminal kedatangan internasional.

Irfan mengatakan Garuda Indonesia mematuhi seluruh kebijakan regulator terkait upaya pencegahan virus tersebut yang salah satunya dilakukan melalui kebijakan menyampaikan dokumen kesehatan berupa general declaration of health dan manifes penumpang kepada petugas kesehatan di pos kesehatan KKP terminal penerbangan internasional.

"Ini dilakukan sesaat setelah mendarat untuk penerbangan yang melayani penerbangan langsung maupun transit khususnya dari China dan Hong Kong," jelas Irfan.

Dia mengimbau para penumpang untuk tetap tenang, meningkatkan kewaspadaan serta memahami tatalaksana pencegahan penyebaran virus tersebut.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengedepankan aspek kebersihan diri dan memastikan kondisi kesehatan dalam keadaan fit sebelum melakukan perjalanan.

Irfan menambahkan saat ini sosialisasi upaya pencegahan juga terus diintensifkan keseluruh jajaran lini operasional. Beberapa di antaranya dengan meningkatkan pemahaman atas pola penyebaran virus, merekomendasikan penggunaan alat pelindung dini seperti masker hingga hand sanitizer bagi petugas, kru, maupun penumpang.

"Kami juga secara seksama menjaga kondisi kesehatan awak pesawat dengan memastikan seluruh awak pesawat telah mendapatkan waktu istirahat yang cukup pada saat menjalankan tugasnya," tutur Irfan.

Dia menegaskan Garuda Indonesia juga memantau situasi terkini. Irfan mengatakan pihaknya juga akan mengambil tindakan yang diperlukan dan akan terus memberikan informasi terbaru khususnya terkait dampak atas pelayanan penerbangan.

Editor: Surya