PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Imlek, Harga Telur di Batam Merangkak Naik
Oleh : CR3
Selasa | 21-01-2020 | 10:28 WIB
telur-pasar-SP1.jpg honda-batam
Seorang warga membeli telur di Pasar SP Sagulung. (Foto: Pascall Rh)

BATAMTODAY.COM, Batam - Empat hari menjelang tahun baru Imlek, harga komoditas telur di Batam merangkak naik.

Kenaikan harga telur ini bukan hanya di toko-toko grosir, namun di pasar tradisional juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Menurut Asep, pedagang telur di Pasar SP Sagulung, lonjakan harga ini berlaku untuk semua varian telur, mulai dari telur ayam negeri, ayam kampung hingga telur bebek.

"Hari ini Rp 45.000/kg, kemungkinan besok akan naik lagi. Ya menjelang imlek memang permintaan juga naik," terang Asep kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (21/1/2020).

Di hari biasa, kata Asep, telur ayam negeri dijual dengan harga Rp 31 ribu sampai Rp 35 ribu per papan isi 30 butir. Namun saat ini harga telur di Batam berada di kisaran Rp 45 ribu hingga Rp 50 ribu. Bahkan, di tingkat eceran sebutir telur dibanderol Rp 2.500.

Sementara harga telur ayam kampung, lanjut dia, mengalami kenaikan yang paling signifikan dari Rp 50.000 perpapan kini menjadia Rp 60.000 hingga Rp 65.000 per papan.

Selain mendekati tahun baru imlek, kata dia, kenaikan harga telur ini disebabkan minimnya persediaan dan tingginya harga telur dari pemasok.

"Minimnya pasokan telur dari luar kota juga sangat mempengaruhi harga telur dari Barelang. Apabila pasokan telur dari luar Batam berkurang maka harga telur dari barelang akan mengalami kenaikan dengan sendirinya," pungkasnya.

Editor: Yudha