Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Budi Gunawan Terpilih Jadi Ketua Umum PB Esports, Sandiaga Dewan Pembina
Oleh : Redaksi
Minggu | 19-01-2020 | 12:04 WIB
pb_esports.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pelantikan kepengurusan PB Esports (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Indonesia kini resmi memiliki Pengurus Besar (PB) Esports yang akan menjadi wadah bagi asosiasi serta atlet demi meningkatkan prestasi olahraga elektronik itu di kancah internasional. Bertindak sebagai Ketua Umum PB Esports adalah Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Ketua Badan Intelijen Negara (BIN) itu pun langsung melantik susunan pengurus PB Esports sebagai langkah awal untuk membangun olahraga tersebut ke arah yang lebih positif.

"Pelantikan ini merupakan momentum untuk membangun Esports ke arah yang lebih positif dan diharapkan mampu untuk membawa kemajuan bangsa di berbagai sektor," kata Budi di Hotel Kempinski, Jakarta, Sabtu (19/1/2020).

Budi memastikan, pihaknya akan segera membuat regulasi yang mengatur Esports agar lebih jelas dan terarah. Dengan begitu, menurutnya, nantinya bisa lebih banyak menorehkan prestasi di level internasional.

"PB Esports harus mampu menghadapi tantangan dan kendala, dan kita punya PR yang harus diselesaikan, salah satunya pembangunan Esports training center yang berstandar internasional," ujarnya.

Sementara pengusaha Sandiaga Salahuddin Uno dilantik sebagai Dewan Pembina PB Esports Indonesia. Sandiaga Uno mengaku terhormat dipercaya oleh Ketua Umum PB Esports Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan untuk mengisi jabatan penting tersebut.

"Saya merasa terhormat dipilih jadi Wakil Dewan Pembina PB Esports oleh Pak Budi sebagai ketua umum. Esports memiliki potensi yang sangat luar biasa dengan 60 juta gamer aktif dan total nilai industri dari esports ini sudah menembus 1 miliar dolar AS dan kita prediksi akan tumbuh terus," kata Sandiaga.

Sandiaga menilai, esports harus segera ditata dengan pembentukan regulasi yang jelas agar ke depan dapat melahirkan prestasi esports Indonesia di kancah dunia.

Menurutnya, dunia telah berubah, termasuk dalam olaharaga, dan esports dikemas dengan bentuk kekinian dan sebuah teknologi yang penuh inovasi

"Ini yang harus ditata dari segi regulasi sampai pelaksanaan liga, dan tentunya bagaimana meningkatkan prestasi dari atlet esports Indonesia," kata Sandiaga.

Budi Gunawan berharap dengan pengalaman serta kemampuan Sandiaga di berbagai bidang dapat membantu bisnis esports Indonesia berkembang dengan cepat.

Sebelumnya pada SEA Games 2019 di Filipina, Esports untuk pertama kalinya menjadi salah satu cabang resmi yang dipertandingkan. Kontingen Indonesia dalam event itu sukses menyumbangkan dua medali perak.

Budi berharap, prestasi itu dapat terus ditingkatkan pada kejuaraan lain, terutama Asian Games 2022 dan Olimpiade 2024.

Dalam kesempatan itu, hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Dewan Pembina Esports Sandiaga Uno.

Editor: Surya