Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Imlek, Harga Ikan Dingkis di Pasar Mitra Raya Merangkak Naik
Oleh : CR3
Sabtu | 18-01-2020 | 11:40 WIB
ikan-dingkis111.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pedagang ikan dingkis di Pasar Mitra Raya, Batam Centre. (Foto: Pascall Rh)

BATAMTODAY.COM, Batam - Seminggu menjelang tahun baru imlek 2020, harga ikan Dingkis mulai merangkak naik di pasar Mitra Raya, Batam Center.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, sejumlah pedagang mulai menggelar dagangan ikan, termasuk ikan dingki, Sabtu (18/1/2020).

Adapun harga ikan di sana rata-rata masih relatif normal. Namun jenis ikan dingkis jelang tahun baru imlek merangkak naik dari harga biasanya.

"Dari sejumlah ikan yang saya jual disini rata-rata harganya relatif masih normal. Namun ikan dingkis saat ini mulai merangak naik dari Rp 50 ribu perkilogram menjadi Rp 150 ribu per kilogram dari harga normal," kata Erwan, pedagang ikan di pasar Mitra Raya Batam Center.

Erwan mengatakan, saat ini harga ikan dingkis mencapai Rp 150 ribu, namun ia memprediksi akan terus mengalami kenaikan hingga puncak tahun baru Imlek 2020.

"Biasanya tiga hari menjelang Imlek, harga ikan dingkis bisa menembus Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu perkilogramnya," ujar Erwan.

Apalagi, kata dia, saat ini ikan dingkis sangat diminati oleh warga Tionghoa jelang tahun baru imlek. Karena menurut tradisi masyrakat Tionghoa ikan dingkis ini merupakan ikan pembawa rezeki.

Erwan melanjutkan, naiknya harga ikan dingkis saat ini dikarenakan kondisi cuaca yang kurang baik di perairan. Sehingga pasokan ikan dingkis mulai langkah, dan nelayan pun susah menangkapa ikan tersebut.

"Nah karena ikan dingkis ini relatif langka, jadi dari para nelayan yang memasok ikan dingkis ke kita naik.Sehingga mau tidak mau kita juga menaikkan harga sedikit," tuturnya.

Seperti satu minggu jelang tahun baru imlek sekarang itu harganya sudah mencapai Rp 150 perkilogram. Apabila nanti H-1 jelang tahun baru imlek masih relatif langkah, bisa saja mencapi Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu perkilogram.

Dia juga menyebutkan, ikan dingkis yang dijual olehnya merupakan ikan dingkis hasil tangkapan nelayan Batam, salah satunya nelayan dari Tanjung Riau.

"Kalau ikan dingkis yang saya jual saat ini merupakan ikan dingkis hasil tangkapan nelayan tanjung riau," pungkasnya.

Editor: Yudha