PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dukung Pariwisata, Kepala BP Batam Wacanakan Proyek Reklamasi di Kawasan Nongsa
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 11-01-2020 | 17:04 WIB
rudi-nongsa.jpg honda-batam
Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengakui saat ini memiliki wacana untuk melakukan proyek reklamasi di kawasan Nongsa. Rudi menuturkan pentingnya proyek ini, demi mendukung sektor pariwisata di Kota Batam.

Disinggung mengenai perubahan kawasan pariwisata, Rudi juga mengakui sudah melakukan pengajuan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau guna memberikan izin reklamasi yang dimaksud. Walau begitu, Rudi menolak untuk menjelaskan secara detail mengenai wacana reklamasi yang dimaksudkan.

"Nanti saja kalau sudah berjalan baru saya akan jelaskan secara detail, karena saat ini kami juga sifatnya juga masih menunggu," ucapnya, Sabtu (11/01/2020).

Adanya proyek ini, menurutnya salah satu upaya peningkatan yang akan dilakukan untuk industri pariwisata. Proyek reklamasi yang dimaksud, juga merupakan proyek pembuatan kawasan wisata buatan.

Nantinya wilayah yang akan direklamasi akan diubah sedemikian rupa, hingga menyerupai kawasan wisata pantai yang dimiliki oleh Provinsi Bali.

"Kekalahan kita dengan Bali adalah alam Batam yang tidak seperti disana, tapi bukan berarti itu tidak dapat dilakukan. Itu yang saya ingin gesa dengan permintaan izin yang sudah diajukan ke Pemerintah Provinsi," ungkapnya.

Disinggung mengenai target kunjungan wisatawan pada tahun 2020, Rudi juga mengakui belum memiliki target khusus, dan hanya menargetkan pertumbuhan mencapai 1 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2019.

"Kemarin kita capai 5 persen pertumbuhannya, kita coba lagi di tahun ini 1 persen lebih tinggi dari tahun sebelumnya," paparnya.

Editor: Gokli