Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rudi Targetkan Sektor Pariwisata Sumbang 1 Persen Pertumbuhan Ekonomi Batam
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 11-01-2020 | 16:52 WIB
wisata-1-persen.jpg Honda-Batam
Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengakui menargetkan pertumbuhan pada sektor industri pariwisata di tahun 2020 mencapai 1 persen dibandingkan tahun 2019.

Rudi mengakui selaku pimpinan, dia tidak belum dapat membayangkan mengenai angka target kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman). Namun dia menargetkan pertumbuhan mencapai 1 persen untuk setiap tahunnya.

"Kemarin kita mencapai angka 5 persen untuk kunjungan wisatawan ke Batam, kita gak mau muluk-muluk kita targetkan tiap tahun naiknya 1 persen saja dulu. Apalagi kalau bisa capai 7 persen, itu akan sangat luar biasa," ungkapnya, Sabtu (11/01/2020).

Sepanjang tahun 2020, Rudi menuturkan bahwa agenda pariwisata di Kota Batam dapat mencapai kurang lebih 500 event, baik yang bertaraf internasional, ataupun lokal hingga agenda pariwisata yang menggandeng komunitas.

Data yang didapat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kota Batam, diketahui bahwa untuk Batam memiliki 136 event bertaraf internasional yang bekerjasama langsung dengan Kementerian Pariwisata RI.

"136 ini baru eventnya Kemenpar saja, belum lagi event yang sudah disusun oleh Disparbud dan juga event lain yang mungkin diadakan oleh pihak swasta maupun komunitas, yang sudah masuk ke dalam kalender event sepanjang 2020," lanjutnya.

Walau begitu, dia juga mengharapkan adanya dukungan dari pihak pengusaha terutama yang bergerak di bidang pariwisata. Untuk dukungan yang dimaksud adalah peningkatan kapasitas, pelayanan, dan infrastruktu hotel.

Rudi mengakui bahwa sektor pariwisata di Kota Batam, dapat mengalahkan sektor pariwisata di Provinsi Bali terutama kawasan wisata di Kabupaten Badung. Walau memiliki kelemahan di sektor alam yang sangat berbeda, namun Batam memiliki kelebihan yakni jarak tempuh yang lebih dekat dengan Singapura dan Malaysia, serta didukung dengan infrastruktur seperti Bandara Hang Nadim Batam, yang memiliki kapasitas untuk dapat menampung setiap jenis pesawat apapun.

"Untuk alamnya memang Batam tidak seperti Kabupaten Badung, tapi mengatasi hal ini kita bisa lakukan perubahan," paparnya.

Disinggung mengenai perubahan kawasan pariwisata, Rudi menuturkan salah satu wacana yang telah disusun adalah penimbunan di kawasan Nongsa. Hal ini dimaksudkan guna menciptakan kawasan pantai Nongsa, yang memiliki keindahan pantai yang dimiliki oleh Bali.

Mengenai wacana ini, Rudi juga mengakui sudah melakukan pengajuan ke Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau guna memberikan izin reklamasi yang dimaksud. Walau begitu, Rudi menolak untuk menjelaskan secara detail mengenai wacana reklamasi yang dimaksudkan.

"Nanti saja kalau sudah berjalan baru saya akan jelaskan secara detail, karena saat ini kami juga sifatnya juga masih menunggu," ucapnya.

Editor: Gokli