Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Resmikan Travelodge Hotel, M Rudi: Kita Fokus Kembangkan Pariwisata Batam
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 11-01-2020 | 16:28 WIB
rudi-wisata1.jpg Honda-Batam
Wali Kota/Kepala BP Batam, M Rudi. (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi menyatakan saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi guna mengembangkan industri pariwisata di Kota Batam.

Hal ini disampaikannya setelah peresmian Travelodge Hotel Batam, Jumat (10/01/2020) malam.

Guna mendukung rencana yang tengah disusunya saat ini, Rudi mengakui sudah melakukan perubahan pada Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, serta Badan Pengusahaan (BP) Batam. "Sebelum kemari saya baru saja meresmikan perombakan besar-besaran untuk BP Batam, sebelumnya hal yang sama juga saya lakukan di lingkungan Pemko Batam," tuturnya.

Dalam perubahan SDM ini, Rudi berharap adanya kolaborasi yang akan mulai berjalan antara kedua instansi dalam membangun Kota Batam. Di mana untuk 2020, Rudi menyatakan Batam memiliki 136 event bertaraf internasional yang bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.

Untuk kolaborasi ini, Rudi mengakui dalam waktu dekat akan kembali mengundang seluruh stakeholder, dan juga unsur pengusaha guna melakukan audiensi dengan para pejabat eselon II Pemko dan BP Batam. Di dalam pertemuan ini, Rudi kembali mengharapkan masukkan untuk langkah yang akan diambil guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Seperti untuk pariwisata, pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan wisata telah kita lakukan. tetapi hal ini juga harus didukung oleh stakeholder dalam pembangunan dan upgrade di fasilitas, contohnya upgrade yang telah dilakukan oleh Travelodge. Kita tahu dulu ini namanya Novotel, dan telah berjaya selama 15 tahun di Batam," ungkapnya.

Bersamaan dengan pertumbuhan pada sektor industri pariwisata, Rudi juga mengakui tidak ingin melupakan sektor industri lainnya yakni industri galangan kapal dan manufaktur, serta elektronik yang mengalami pelemahan.

Demi mendukung sektor indusri yang pernah membawa Batam pada masa jayanya ini, Rudi juga menjanjikan kelanjutan pembangunan infrastruktur. "Supaya nanti tidak ada perkataan pilih kasih, saya juga lakukan pembangunan infrastruktur seperti jalan hingga ke kawasan tanjung uncang," paparnya.

Dalam pertemuan yang akan berlangsung nanti, Rudi juga kembali menegaskan bahwa para pejabat eselon II di lingkungan BP Batam ditantang untuk melakukan perubahan selama tiga bulan senjak pelantikan. Apabila hal ini tidak dilakukan, maka selaku pimpinan Rudi mengakui akan mencabut jabatan para eselon II.

"Tetapi kami juga ingin tahu apa yang nantinya bisa diberikan oleh para pengusaha, dan apa yang akan kami berikan kepada mereka. Intinya sama - sama saling menguntungkan, sehingga sektor industri juga bisa mensejahterahkan para karyawannya, dan membuka lapangan kerja baru," ucapnya.

Editor: Gokli