Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kembangkan Pelabuhan Batuampar, BP Batam Jalin Kerjasama dengan Pelindo II
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-01-2020 | 19:28 WIB
teken-MoA.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo II/IPC Elvyn G Masassya saat menandatangani HoA pengembangan Pelabuhan Batuampar pada Selasa (7/1/2020) di Gedung Marketing Centre BP Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Pengusahaan (BP) Batam melaksanakan Hands of Agreement (HoA) dengan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tentang Penyiapan Kerja Sama Pengoperasian dan Pengembangan Pelabuhan Batuampar beserta Area Pendukungnya.

Penandatanganan HoA tersebut dilakukan Kepala BP Batam Muhammad Rudi dan Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo II/IPC Elvyn G Masassya pada Selasa (7/1/2020) di Gedung Marketing Centre BP Batam, Batam.

Adapun ruang lingkup perjanjian awal penyiapan kerja sama pengoperasian dan pengembangan Pelabuhan Batuampar beserta area pendukungnya di Batam akan dilaksanakan dalam tiga tahap pengembangan.

Rencana kerja sama ini akan dilaksanakan kedua pihak melalui penyiapan kerja sama pengoperasian dan pengembangan Pelabuhan Batuampar beserta area pendukungnya berupa penyediaan dan/atau perbaikan infrastruktur, peralatan, transformasi layanan operasional dan business process, sistem teknologi informasi dan komunikasi; Penyediaan SDM dan program pelatihan sesuai kebutuhan (transfer know how); Pelaksanaan pemasaran bersama, baik skala nasional maupun internasional; serta Pelayanan kapal, terminal handling serta fasilitas pendukung lainnya dalam pengelolaan dan pengembangan Pelabuhan Batuampar.

Usai penandatanganan, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Masassya, menjelaskan bahwa Pelindo II menargetkan waktu enam bulan untuk persiapan tahap pertama. Dimulai dari bulan Maret 2020 untuk operasional tahap pertama, sebelum memasuki tahap kedua yakni reklamasi pengembangan Dermaga Utara, dan terakhir tahap ketiga yakni pengembangan Dermaga Selatan.

Menurut Dirut Pelindo II, Pelabuhan Batuampar memiliki lokasi sangat strategis. PT Pelindo II sebagai pengelola pelabuhan berstatus BUMN yang berpengalaman, menilai penandatanganan kerja sama ini sebagai suatu sinergitas yang baik yang nantinya mampu memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Batam.

Elvyn juga mengatakan fokus Pelabuhan Batuampar nantinya adalah memberikan akses terhadap distribusi barang dan aktivitas logistik. Ia berharap pengembangan Pelabuhan Batuampar berjalan lancar dan mendapat dukungan dari semua pihak.

"PT Pelindo II diberikan kepercayaan pengembangan Pelabuhan Batuampar. Tentu diharapkan kerja sama ini akan timbul sinergi positif dan nilai tambah, baik bagi PT Pelindo II, BP Batam, dan masyarakat Batam sendiri," harap Elvyn.

Sementara itu, Kepala BP Batam Muhammad Rudi, mengatakan peran serta PT Pelindo II adalah sesuai dengan surat izin yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan RI untuk menunjuk BUMN dalam pengembangan Pelabuhan Batuampar.

"Pelabuhan Batuampar kita kerja samakan dengan PT Pelindo II, sedangkan PT Pelindo II melakukan konsorsium dengan PT Pelindo I dan Persero. Hari ini kita sudah melakukan HoA, mudah-mudahan paling lambat bulan Maret sudah dimulai pengerjaannya. Enam bulan dari bulan Maret sudah ada perubahan fisik di Pelabuhan Batuampar sendiri. Kemudian akan dilakukan pelebaran pada tahap kedua, dengan pembangunan hingga ke bagian Timur pelabuhan," jelas Rudi.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi juga mengatakan, tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan kegiatan bongkar muat barang di Pelabuhan Batuampar dari kapasitas 350 ribu TEUs ditargetkan di atas 1 juta TEUs per tahun.

"Dengan menggandeng PT Pelindo II, diharapkan dapat mengurangi biaya transportasi laut. Saya juga sudah sampaikan kepada PT Pelindo II agar mengikutsertakan pengusaha lokal dalam proses pengembangannya, agar tidak ada pihak yang dirugikan," kata Muhammad Rudi.

Penandatanganan perjanjian awal ini dihadiri dan disaksikan juga Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam Wahjoe Triwidijo Koentjoro, Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam Enoh Suharto, Anggota Bidang Pengelolaan Kawasan dan Investasi BP Batam Sudirman Saad, Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam Syahril Japarin, serta beberapa pejabat Tingkat II BP Batam dan Direktur Operasi PT Pelindo II/IPC Prasetyadi beserta jajarannya.

Editor: Gokli