Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Heboh! Bos Djarum dan BCA sedang Makan di Warung Sederhana, Rupanya ...
Oleh : Redaksi
Minggu | 22-12-2019 | 10:04 WIB
michael_hartono.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Djarum dan BCA, Michael Bambang Hartono

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Jagat Twitter sedang dihebohkan foto bos Djarum dan BCA, Michael Bambang Hartono yang sedang makan di warung sederhana. Foto tersebut diunggah oleh akun @ayudh69.

Dalam foto yang beredar, terlihat orang terkaya di Indonesia yang terlihat menggunakan kaos berkerah berwarna hijau itu sedang asyik menyantap makanannya.

"Saya nggak tahu soalnya yang jaga warung kan ganti-ganti," kata salah seorang penjaga warung saat dihubungi seperti dilansir detikcom, Jumat (20/12/2019).

Namun, Eline, pemilik warung yang tempatnya ikut diperbincangkan sejak foto itu beredar mengatakan, Bambang Hartono bukan pertama kalinya makan di sana.

Eline mengatakan, Michael Hartono sudah jadi pelanggan setia warung miliknya sejak warungnya masih di pinggir jalan sampai sekarang memiliki tempat tetap.

"Beliau sudah menjadi customer kami sejak kurang lebih 35 tahun yang lalu. Sejak kami masih di tenda kaki lima pinggir jalan, sampai sekarang kami pindah di depot yang lebih lumayan, beliau tetap setia," ceritanya.

Nampaknya orang terkaya di Indonesia itu sudah tahu betul rasa dari Tahu Pong di warung tersebut. Bagaimana tidak, pemilik warung bercerita bahwa Bambang Hartono pernah komplain saat rasanya berbeda.

"Beliau pun pernah memberikan saran kepada saya, saat itu ada rasa yang dirasakan beliau berbeda agar saya dapat memperbaikinya," sebutnya.

Sejak foto tersebut dibagikan, pemilik warung tidak menyangka jika fotonya akan viral seperti sekarang. Ia pun bercerita maksud dan tujuannya memposting adalah sebagai rasa hormatnya terhadap Bambang Hartono yang sudah jadi pelanggan setia meskipun bergelimang harta.

"Saya pribadi, memposting (foto) tersebut sebenarnya sebagai bentuk respect saya terhadap beliau," katanya.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja. Ia menyebut benar jika foto yang beredar di jagat maya tersebut memang Michael Hartono.

Jahja menceritakan, Michael Hartono orang yang sederhana. Menurutnya, ia memang sering makan di warung-warung serupa.

"(Emang suka makan di warung gitu yak pak?) Iyaa bangeet," sebutnya.

Seperti dalam keterangan foto yang beredar, Michael Hartono disebut sebagai pelanggan setia di warung tersebut.

"Beliau, customer setia Tahu Pong Karangsaru Semarang," isi caption dalam foto tersebut.

"Xie xie om Hwie Siang (Michael Bambang Hartono) - Big Boss Djarum & BCA," tambahnya.

Majalah Forbes pada 2019, kekayaan Michael Bambang Hartono bersama saudaranya Robert Budi Hartono dibobatkan sebagai orang terkaya nomor 1 di Indonesia, dan terkaya ke-54 di dunia.

Ia mengantongi kekayaan yang dicatatkan Forbes pada tahun 2019 tembus sebesar US$ 18,6 miliar atau setara dengan Rp 260,6 triliun.

Ia memperoleh 70% kekayaannya dari bisnis perbankan, yakni Bank Central Asia (BCA). Ia juga memiliki saham di Djarum. Tak hanya itu, ia juga pemilik Grand Indonesia serta perusahaan elektronik Polytron.

Editor: Surya