PKP
Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polresta Barelang Amankan Dua Calo Tiket Pelni di Sekupang
Oleh : Putra Gema
Jumat | 13-12-2019 | 17:18 WIB
ekspos-calo-tiket.jpg honda-batam
Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo saat mengekspos pengungkapan calo tiket KM Kelud, Jumat (13/12/2019). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polresta Barelang berhasil mengamankan dua orang tersangka calo tiket KM Kelud. Kedua calo yang diamankan diketahui bekerja sebagai porter dan juru parkir di Pelabuhan Sekupang Batam.

Kapolresta Barelang, AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo mengatakan, dari tangan kedua pelaku MS dan RD, pihaknya berhasil mengamankan tujuh tiket KM Kelud tujuan Belawan. "Sudah ada dua tiket yang terjual, modus pelaku adalah membeli tiket dengan menggunakan kartu keluarga (KK) saudaranya. Kemudian tiket tersebut dijual kembali kepada calon penumpang," kata Prasetyo di Mapolresta Barelang, Jumat (13/12/2019).

Ia mengatakan, tiket tersebut awalnya dibeli pelaku dari Kantor Pelni, lalu dijual kembali kepada calon penumpang dengan alasan tiket kapal sudah habis, sehingga penumpang akhirnya membeli tiket melalui pelaku.

"Dengan mendapatkan selisih yang harga sesungguhnya di Pelni seharga Rp 230 ribu dan dijual kembali seharga Rp 350 ribu dengan alasan bahwa tiket kapal KM Kelud sudah habis. Dengan adanya pernyataan tiket habis, akhirnya calon penumpang berusaha membeli kepada pelaku," ujarnya.

Kapolresta berharap, dengan pengungkapan kasus ini bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin menggunakan angkutan laut untuk merayakan Natal dan Tahun baru di Kampung halaman.

"Atas perbuatannya pelaku dijerat dengan pasal 379 KUHP dengan ancaman tindak pidana ringan selama 3 bulan," tegasnya.

Editor: Gokli